Jumat, 04 Desember 2015

Surat Dan Ayat Ampunan, Penghapus Dosa Dan Pembebas Kemusyrikan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

1. Surat Yang Dapat Menghapus Dosa

Tanya:
Ada satu surat dalam Al-Qur'an, yang baransiapa membacanya lima puluh kali, maka Allah Ta'ala akan menghapuskan dosa-dosanya selama lima puluh tahun. Dan barangsiapa membacanya seratus kali, maka Allah Ta'ala akan menghapuskan  dosa-dosanya selama seratus tahun. Apakah nama surat dimaksud ?
Jawab: 
Yaitu surat Al-Ikhlas. Ad-Darimi meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia menceritakan bahwa Rasulullah saw. bersabda:-
"Barangsiapa membaca Qul huwallaahu ahad lima puluh kali, Allah akan mengampuni dosa-dosanya selam lima puluh tahun."
Sedangkan Ibnu Dhiris meriwayatkan dari Anas bin Malik r.a., dari Nabi saw. , beliau bersabda:
"Barangsiapa membaca Qul huwallaahu ahad sebanyak seratus kali, Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama seratus tahun." [1].
Redaksi Surat Al-Ikhlas dan Terjemahannya:
قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ (١) ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ (٢) لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ (٣) وَلَمۡ يَكُن لَّهُ ۥ ڪُفُوًا أَحَدٌ (٤
Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, (1) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (2) Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, (3) dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". (4).


2. Surat Yang Membebaskan Dari kemusyrikan


Tanya:
Rasulullah saw. memberitahukan kita semua agar senantiasa membaca satu surat pada malam hari sebelum tidur, karena surat tersebut dapat melepaskan manusia dari kemusyrikan. apa surat yang dimaksud ?
Jawab:
Surat Al-Kafirun.
Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah saw.:
"Jika engkau hendak tidur pada malam hari, maka bacalah Qul ya Ayyuhal Kafirun kemudian tidurlah pada akhir surat itu, karena surat itu pembebas dari kemusyrikan."
Dalam hadits yang lain Rasulullah saw. bersabda:
"Bacalah Qul Yaa Ayyuhal Kafirun di tempat tidurmu, karena surat itu pembebas dari kemusyrikan."[2].
Redaksi Surat Al-Kafirun [109]: 1-6.
ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ (٢) ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (٣) مَـٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ (٤) إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ (٥) ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٲطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ (٦) صِرَٲطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ (٧
Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir, (1) aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. (4) Dan kamu tidak pernah [pula] menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. (5) Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". (6)

3. Surat Yang Dapat Memberikan Ampunan


Tanya:
Rasulullah saw. pernah menerangkan bahwa ada satu surat, yang barangsiapa membacanya pada  malam hari dengan tujuan mendapat keridhaan Allah Ta'ala, maka ia akan diberikan ampunan pada malam itu. apakah surat yang dimaksud ?
Jawab:
Surat tersebut adalah Yasin. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits riwayat Ad-Darimi dari Abu Hurairah r.a., ia menceritakan Rasulullah saw. bersabda:
"Barangsiapa membaca surat Yasin pada suatu malam dengan tujuan mengharapkan keridhaan Allah, ia akan diberikan ampuanan pada malam itu."[3].
               ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
Sumber:
1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, hal. 14-18,Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.
[1]. Lihat buku Mausa'atu Fadhaaili Suwari wa Ayatil-Qur'an, Tharhuni, 179-180.
[2]. Shahih Al-Jami'ush -Shaghir, Al-bani, 292, 1161.
[3]. Lihat buku Mausu'atu Fadhaili suwari wa Ayatil Qur'an; Tharbuni, 122.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar