Minggu, 01 November 2015

Surat Yang Dapat Memberi Syafa'at Dan Penghalang Adzab Kubur

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

1. Dua Surat Yang Saling Berihtijaj[1] Bagi Pembacanya

Tanya:
jadipintar.com (Depok) -Ada dua surat Al-Qur'an yang sangat agung, yang keduanya memiliki keistimewaan, yaitu bahwa keduanya maju untuk saling berihtijaj pada hari Kiamat bagi para pembacanya. Apakah kedua surat itu ?
Jawab:
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah Al-Bahili r.a., bahwasanya ia pernah menceritakan , aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: 
عن أبي أمامة الباهلي  قال : سمعت رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يقول : ( اقرؤوا القرآن ؛ فإنه يأتي يوم القيامة شفيعاً لأصحابه ، اقرؤوا الزهراوين : البقرة وسورة آل عمران ؛ فإنهما تأتيان يوم القيامة كأنهما غمامتان ، أو كأنهما غيايتان أو كأنهما فرقان من طير صواف ، تحاجان عن أصحابهما ، اقرؤوا سورة البقرة ؛ فإن أخذها بركة ، وتركها حسرة ، ولا يستطيعها البطلة ) رَوَاهُ مُسلِمٌ
Artinya:
"Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya Al-Qur'an akan memberi syafa'at bagi pembacanya pada hari Kiamat kelak. Dan bacalah Al-Zahrawain, yaitu surat Al-Baqarah dan Ali Imran, karena kedua surat itu akan datang pada hari Kiamat, bagaikan dua kumpulan awan atau dua bentuk payung yang menaungi atau dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Keduanya akan berdalih untuk pembacanya pada hari Kiamat. Bacalah Al-Baqarah, karena membacanya akan mendatangkan berkah dan tidak membacanya berarti kerugian. Dan sihir tidak akan sanggup menjangkau (pembacanya)."[2].
Mu'awiyah mengatakan, "Telah sampai kepadaku, bahwa yang dimaksud dengan kata al-Bathlah adalah sihir."
Dan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Tirmidzi, dan Ahmad, dari Nuwas bin Mam'an, ia menceritakan , aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda,
"Akan didatangkan Al-Qur'an beserta para pembaca yang mengamalkannya di dunia, yang lebih awla muncul kepada mereka adalah surat Al-Baqarah dan Ali Imran."
Sam'an juga menuturkan, "Aku pernah melupakan tiga contoh yang digambarkan Rasulullah saw, yaitu yang seolah-oleh seperti dua tumpukan, atau dua bentuk payung yang menaungi, atau dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Keduanya akan berdalih untuk pembacanya.[3].


2. Surat Yang Menjadi Penghalang Adzab Kubur

Tanya:
Ada satu surat Al-Qur'an yang dinyatakan Rasulullah saw. sebagai penghalang dari adzab kubur dan akan memberi syafa'at kepada pembacanya sehingga ia memperoleh ampunan. Apakah surat yang dimaksud ?
Jawab:
Surat tersebut adalah surat Al-Mulk, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah saw. berikut ini:
سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر
"Surat Tabaarak (Al-Mulk) merupakan penghalang dari adzab kubur."
Rasulullah saw. juga bersabda:
"Ada satu surat di dalam Al-Qur'an yang hanya terdiri dari tiga puluh ayat, surat ini akan melindungi pembacanya dan memasukkannya ke dalam surga. Itulah surat Tabarak (Al-Mulk)."
Dalam hadits lain, Rasulullah saw. bersabda:
إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ
"Sesungguhnya ada satu surat Al-Qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat, ia akan memberikan syafa'at kepada pembacanya sehingga ia diberi ampunan, yaitu Tabaarakal ladzi biyadihi al-Mulku (Al-Mulk)."[4].
Beliau juga bersabda:
"Sesungguhnya ada satu surat dalam kitab Allah (Al-Qur'an yang hanya terdiri dari tiga puluh ayat (A[-Mulk), ia akan memberikan syafa'at kepada seseorang sehinggga mengeluarkan orang tersebut dari neraka dan memasukannya ke dalam sorga."[5].
Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata,
 من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب
“Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.[6]
               ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
Sumber:
1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, hal.7-8, 11-12, Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.
[1]. Berihtijaj berarti memberikan argumentasi atau bukti (berdebat). Dalam hali ini, kedua surat tersebut saling berdebat untuk mempertahankan dan memberi syafa'at kepada para pembacanya.
[2]. Diriwayatkan Imam Muslim dalam bukunya, Shahih Muslim, 2093.
[3]. Lihat buku yang berjudul Zabdatut-Tafsir min Fathil Qadir.
[4]. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah.
[5]. Lihat buku Shahih Al-Jami'ush -Shaghir  wa ziyadatah, Al-Albani, 4643, 3644, 2091, 2092.
[6]. (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih). Riwayat di atas mauquf, hanya perkataan ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar