Minggu, 15 November 2015

Kitab Tafsir Tentang Keajaiban Al-Qur'an, Hukumnya, I'rab, Bahasa Dan Etika Membawanya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
jadipintar.com (Depok)
1. Tiga Risalah Tafsir Tentang Keajaiban Al-Qur'an
Tanya:
Ada tiga risalah tentang keajaiban Al-Qur'an milik tiga penulis. Mereka mengarang tafsir mengenai keajaiban al-Qur'an. Ketiga risalah ini diterbitkan dalam satu kitab. Apakah ketiga risalah tersebut ? Apa judulnya? Dan siapa para pengarangnya ?
Jawab:
Ketiga risalah itu adalah:
1. Al-Naktu fii I'jaazi al-Qur'an yang ditulis oleh Ar-Rumani.
2. Ar-Risalah Asy-Syaafiyah fii I'jazi al-Qur'anAbdul Qahir Al-Jurjani.
3. Bayanu I'jaazi al-Qur'an yang ditulis oleh Al-Khuthabi.

2. Kitab Ahkamul Qur'an Milik Syafi'i
Tanya:
Diantara sumber-sumber tafsir ayatul ahkam kitab Syafi'i yang berjudul Ahkamu Al-Qur'an. Kitab ini merupakan kodifikasi seorang ulama penganut Syafi'i. Siapakah orang ini ?
Jawab:
Kitab Ahkamul Qur'an karangan Imam Syafi'i dikodifikasi oleh Imam Al-Hafidz Abu Bakar Ahmad bin Husain Al-Baihaqi Asy-Syafi'i An-NisburiAl Baihaqi telah mengumpulkannya dari naskah-naskah Imam Syafi'i yang terdapat dalam kitab-kitabnya dan kitab para sahabatnya, misalnya Al-Muzni, Al-Buwaithi dan Abu Tsur.

3. Kitab Tafsir Rujukan Pertama BIdang I'rab Al-Qur'an
Tanya:
Kitab tafsir ini terdiri dari delapan jilid yang tebal, yang dianggap sebagai rujukan perama dan penting bagi yang mendalami i'rab untuk kata-kata al-Qur'an. Yang paling menonjol dari kitab ini justru sisi-sisi ilmu nahwu (grammar), sehingga lebih dekat kepada kitab Nahwu dari pada kepada kitab tafsir.
Isi kitab tafsir ini banyak dinukil dari kitab tafsir Az-Zamakhsyari dan kitab tafsir Ibnu Athiyyah, khusunya pada hal-hal yang menyangkut masalah nahwu dan i'rab.
Apa judul kitab tafsir yang dimaksud dan siapa penulisnya?
Jawab:
Judul kitab tafsir ini adalah Al-Bahru Al-Muhith, yang ditulis Abu Hayan, Atsiruddin Abu Abdullah Muhammad bin Yusuf Al-Andalusi al-Gharnathi al-Hayyani, yang lebih dikenal dengan sebutan Abu Hayan.

4. Kitab Tafsir Yang Menjelaskan Balaghah Al-Qur'an
Tanya: 
Mengenai kitab tafsir ini, penulis kitab at-Tafsir wal Mufassirin mengatakan: "Ia merupakan kitab tafsir pertama yang mengungkapkan kepada kita rahasia balaghah Al-Qur'an, menyingkapkan berbagai keajaibannya, serta menjelaskan makna-makna yang dipahami dari susunan kata..."
Apa judul kitab tafsir tersebut dan siapa penulisnya ?
Jawab:
Kitab tafsir tersebut berjudul al-Kasysyaaf 'an Haqaaiqi at-Tanzil wa 'Uyuni al-Aqaawil fii Wajuhi At-Ta'wil yang ditulis oleh Az-Zamakhsyari, Abu Qasim Mahmud bin Umar Al-Khawarizimi Al-Hanafi Al-Mu'tazili, yang diberi gelar dengan sebutan Jarullah.

4. Kitab Tafsir Manqul Muntakhab
Tanya:
Ada satu kitab tafsir yang oleh penulisnya diringkaskan dari kitab tafsir lain yang sangat terkenal. Bahkan penulisnya sendiri mengatakan, "Di dalam kitab ini tidak terdapat hal baru selain hasil penukilan melalui pemilahan yang ketat (manqul mntakhab), diserti penghilangan beberapa sanad, untuk menghindari penyajian yang terlalu panjang sehingga tidak membosankan.
Penulis kitab ini mengawali penyajian kitabnya ini dengan ilmu pasal. Pasal pertama, mengenai keutamaan Al-Qur'an, bacaan, dan pengajarannya. Pasal kedua, mengenai ancaman bagi orang yang menafsirkan al-Qur'an dengan pendapat tanpa landasan ilmu sama sekali. Pasal ketiga, mengenai pengumpulan dan penyusunan al-Qur'an. Pasal keempat, mengenai al-Qur'an diturunkan dengan tujuh huruf, pasal kelima, mengenai makna tafsir dan ta'wil. Baru setelah itu ia memulai dengan penafsiran Al-Qur'an.
Apa judul kitab tafsir dimaksud ? dan siapakah penulisnya ?
Jawab:

KItab itu berjudul Lubab at-Ta'wil fii Ma'ani at-Tanzil, yang ditulis oleh al-Khazin, Alaudiin Abu Hasan Ali bin Muhammad bin Ibrahim.

5. Kitab Tentang Etika Membawa Al-Qur'an
Tanya:
Ada satu kitab yang paling bagus yang membahas mengenai etika membawa al-Qur'an. Kitab ini terdiri dari sepuluh bab. yang urutannya ialah sebagai berikut:
- Keutamaan membaca dan membawa Al-Qur'an.
- Tarjih bacaan dan yang membaca.
- Penghormatan terhadap orang-orang yang membaca Al-Qur'an.
- Mengenai etika mu'alim (pengajar) dan muta'alim (yang diajar).
- Etika Orang yang membawa Al-Qur'an.
- Etika membaca Al-Qur'an.
- Etika memperlakukan Al-Qur'an.
- Ayat-ayat dan surat-surat yang disunahkan dibaca pada waktu-waktu tertentu.
- Penafsiran Al-Qur'an dan penghormatan terhadap Al-Mushhaf.
- Penggunaan kata-kata Al-Qur'an.
Apa judul kitab dimaksud, dan siapakah penulisnya ?
Jawab:
At-Tibyan fii Adaabi Hamlati Al-Qur'an, ditulis oleh Imam Muhyiddin Yahya bin Syaraf Nawawi.
               ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
Sumber:
1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar