Senin, 30 November 2015

Daftar Kitab Tafsir Paling Bagus, Terkenal, Tinggi Nilainya Dan Yang Aneh

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
jadipintar.com (Depok)

1. Kitab Tafsir Paling Bagus Dan Paling Tinggi Nilainya
Tanya:
Ada satu kitab tafsir yang sangat tinggi diantara kitab-kitab tafsir. Hal itu dikarenakan penulisnya adalah seorang ulama yang sangat menguasai ilmu yang dipelajarinya, serta mempunyai pemahaman yang sangat mendalam, sehingga kitab tersebut sangat laris dan banyak dicari. Kitab tafsir ini terdiri dari sepuluh jilid besar-besar. Apa judul kitab tafsir ini ? siapakah penulisnya ?
Jawab:
Judul kitab tersebut adalah Al-Muharrar Al-Wajiz fii Tafsir Al-Kitab Al-Azizi, karangan Ibnu AthiyyahAbu Muhammad Abdul Haq bin Ghalib bin Athiyyah al-Andalusi Al-Maghribi Al-Gharnathi.

2. Kitab Referensi Kedua Dalam Ilmu Tafsir
Tanya: 
Diantara kitab tafsir ada satu kitab yang dianggap sebagi kitab rujukan kedua setelah kitab tafsir Ibnu Jarir. Di dalam kitab tersebut penulisnya memberikan perhatian besar terhadap para mufassir salaf, ia menafsirkan firman-firman Allah Ta'ala dengan hadits-hadits dan atsar-atsar. 
Kitab ini dicetak tersendiri yang terdiri dari empat jilid, yang tiap-tiap jilidnya sangat tebal. Mengenai kitab tafsir ini, As-Suyuthi dalam kitabnya, Fii Dzaili Tadzkirati al-Huffadz dan juga Ar-Rizqani dalam kitabnya, Syarhu al-Mawahib mengatakan, "Tidak ada kitab yang ditulis sebagus kitab ini."
Apa judul kitab itu dan siapa penulisnya ?
Jawab:
Tafsir Al-Qur'an al-Adzim, ditulis oleh Ibnu Katsir, Imaduddin Abu Al-Fida' Ismail bin Umar bin Katsir Al-Basgaru ad-Dimsayqi.

3. Kitab Tafsir Paling Pertama Dan Terkenal
Tanya:
Ada satu kitab tafsir yang paling awal dan paling terkenal, dan dipandang oleh para mufasir sebagai kitab rujukan pertama dalam tafsir binnaqli, kitab ini terdiri dari tiga puluh jilid yang tebal-tebal. Mengenai kitab ini As-Suyuthi pernah mengatakan:"Kitab tersebut merupakan kitab yang besar dan agung." Sedangkan An-Nawawi mengatakan, "Umat telah bersepakat, bahwa tidak ada kitab yang ditulis seperti kitab itu."
Dan ibnu Taimiyyah mengatakan: "Di dalam kitab itu tidak terdapat bid'ah sama sekali."'
Apa judul kitab tafsir tersebut dan siapakah penulisnya ?
Jawab:
Judulnya Jami' al-Bayan 'an Ta'wili Aayi al-Qur'an, Penulisnya adalah Syaikhul Mufassiriin, Muhammad bin Jarir Ath_Thabari.

4. Kitab Yang benar-Benar Bil Ma'tsur.
Tanya:
Ada satu kitab tafsir yang diterbitkan dalam enam jilid dan tersebar di kalangan ahli tafsir, di dalam kitab tersebut penulisnya menyajikan berbagai macam riwayat dari para ulama salaf tanpa memberikan kritik terhadapnya, tidak menta'adil dan tidak juga mentarjih, tidak menshahihkan dan tidak juga melemahkan, ia merupakan kitab yang meliputi seluruh yang diriwayatkan para ulama salaf
Penulisnya mengambil riwayat tersebut dari Imam Bukhari, Muslim, Nasa'i, Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, Abdu Ibnu Hamid, Ibnu Abi Dunia, dan ulama-ulama terdahulu lainnya.
Kitab ini merupakan satu-satunya kitab yang hanya memfokuskan pada tafsir bil ma'tsur, dimana penulisnya tidak mencampurinya dengan riwayat yang ia nukil melalui jalan ra'yu (pendapat) seperti yang dilakukan penulis lainnya.
Apa judul kitab tafsir tersebut dan siapakah penulisnya ?
Jawab:
Al-Durru Al-Mantsur fii Tafsiri Bil Ma'tsur, ditulis oleh Jalaluddin Abu Fadhal Abdurrahman As-Suyuthi. 

5. Kitab Tafsir Yang Sedang
Tanya: 
Ada satu kitab yang terkenal mudah dan sangat mendalam bila dibandingkan dengan kitab-kitab birra'yi lainnya, karena kitab tersebut lebih ringkas dan sederhana. Mengenai kitab ini, penulis kitab Kasyfu adz-Dzunun mengatakan, 'KItab ini mencakup ilmu badi' yang sanga detail, penuh dengan ungkapan ulama ahlus-Sunnah wal jama'ah, sama sekalii tidak terdapat hal-hal yang menyesatkan dan bid'ah, tdak terlalu panjang seningga tidak membosankan dan tidak terlaluu pendek sehingga tidak terkesan main-main.
Apa judul kitab tafsir tersebut dan siapa pula penulisnya ?
Jawab:
Kitab itu judulnya Madariku at-Tanzil wa Haqaiqu at-Ta'wil, yang ditulis oleh Nasafi, Abdullan bin Ahmad an-Nasafi, yang meninggal pada tahun 701 H.

6. Kitab Tafsir Yang Menggunakan Bahasa Yang Lugas
Tanya:
Mengenai kitab ini, Al-Khazin pernah mengatakan, "Ini merupakan kitab terbesar dalam ilmu tafsir, yang di dalamnya dipenuhi dengan hadits-hadits shahih, jauh dari kerancuan dan hal-hal yang membingungkn, disertai dengan berbagai berita-berita zaman dahulu yang sangat menakjubkan, disajikan dengan bahasa yang sangat lugas dan mudah dicerna.
Apa judul kitab tafsir tersebut dan siapakah penulisnya ?
Jawab:
Judulnya Ma'alimu at-Tanzil yang ditulis oleh Al-Baghawi.

7. Kitab Tafsir Bil Ma'tsur.
Tanya:
Ada satu kitab tafsir yang penulisnya menafsirkan Al-Qur'an berdasarkan riwayat dari para ulama salamf, dengan meringkas sanad-sanad hadits. Di dalam kitab ini, penulis menyajikan berbagai macam permasalahan nahwu, dan berbicara panjang lebar mengenai tata bahasa. Ia juga mengupas asal-usul kata dan mentasrifkannya. Disamping itu, penulis kitab ini banyak menampilkan israiliyat dalam jumlah yang cukup banyak.
Mengenai kitab tafsir ini, Ibnu Taimiyah mengatakan, "Di dalam kitab tersebut terdapat kebaikan dan ajaran agama, penulisnya menukil isinya dari beberapa kitab tafsir, baik yang shahih, dha'if maupun maudhu."
Apa judul kitab tersebut dan siapakah penulisnya ?
Jawab:
Al-Kasyfu wal Bayan 'an Tafsir Al-Qur'an oleh Ast-Tsa'labi, Abu Ishaq Ahmad bin Ibrahim Ats-Tsa'alabi.

8. Buku Tafsir Yang Memuat Segala sesuatu kecuali Tafsir
Tanya:
Ada satu buku tafsir yang memberikan perhaian besar terhadap ilmu alam dan berbagai kejadian alam. Dan penulis tafsir ini menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an berdasarkan berbagai macam teori ilmiah modern. Bahkan tafsir ini dinilai sama seperti penilaian yang diberikan kepada tafsir Fakhrurrazi. Sehingga ada yang menyebutkan, "Di dalamnya terdapat segala sesuatu kecuali tafsir." Apakah nama kitab tersebut ? dan siapakah pengarangnya ?
Jawab:
Al-Jawahir fii Tafsiri Al-Qur'an, penulisnya adalah Syaikh Thanthawi Jauhari.

9. Kitab Tafsir Yang Aneh
Tanya:
Ada satu kitab tafsir yang tersebar luas di kalangan para ulama, yang terdiri dari delapan jilid besar, bahkan kitab ini sangat terkenal di kalangan para ulama. Kitab tafsir ini hampir menyerupai ensiklopedia ilmu kalam, ilmu alam, dan ilmu fisika, sehingga sebagai kitab ini hampri-hampir tidak mempunyai faedah. Ibnu Khalkan memberi komentar terhadap buku itu dengan mengatakan: "Kitab itu mengumpulkan berbagai macam hal yang aneh-aneh." Penulis buku Kasyfu Adz-Dzunnun mengatakan: "Kitab tafsir itu dipenuhi dengan pendapat para penguasa dan filsuf."
Dan bahkan sebagian ulama mengatakan:"Di dalam kitab tersebut terdapat segala sesuatu kecuali tafsir," Apakah judul kitab tafsir tersebut dan siapa pengarangnya ?
Jawab:
Mafatihu Al-Ghaib yang ditulis oleh Fakhrurrazi, Abu Abdullah Muhammad bin Umar bin al-Husain at-Tamimi Ath-Thabrastani, yang lebih dikenal dengan Ibnu Al-Khathib Asy-Syafi'i.
 ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
Sumber:
1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar