Sabtu, 10 Oktober 2015

Pengertian Syi'ah, Mu'tazilah Dan Kitab-Kitab Tafsirnya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

1. Pengertian Mu'tazilah.

jadipintar.com (Depok). Mu'tazilah adalah salah satu aliran dalam Islam yang banyak terpengaruh dengan filsafat barat dan cenderung pada rasio. Bahkan menjadikan akal sebagai panglima. Nash-nash Al-Qur'an diterjemahkan dan diterangkan sesuai dengan kemauan akal dan hawa nafsunya. Maka banyak pendapat-pendapatnya yang menyimpang. Seperti, sebagian mereka tidak mewajibkan jilbab bagi perempuan, pendapat bahwa rakun Iman hanya 5, Keyakinan bahwa Al-Qur'an itu mahluk, bolehnya imam perempuan dalam shalat, menolak poligami, menolak hukum pidana dalam Islam, tidak mempercayai adzab kubur dll.
Mu'tazilah bisa berkembang sesuai perkembangan penyimpangan di era modern, semakin tidak disiplin dalam memahamkan Al-Qur'an dan Sunnah sesuai kaidah-kaidah yang benar, maka semakin jauh penyimpangannya. Pemikiran ini sekarang diadopsi oleh pemikiran Islam liberal yang berfikir liberal. Semoga kita diselamatkan Allah dari kesesatan. Amin.


2. Pengertian Syi'ah.

Kata Syiah berasal dari bahasa Arab yang artinya pengikut, juga mengandung makna pendukung dan pecinta, juga dapat diartikan kelompok.
Syiah adalah aliran sempalan dalam Islam dan Syiah merupakan salah satu dari sekian banyak aliran-aliran sempalan dalam Islam. Maksudnya adalah aliran yang ajaran-ajarannya menyempal atau menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW, atau dalam bahasa agamanya disebut Ahli Bid’ah.
Selanjutnya oleh karena aliran-aliran Syiah itu bermacam-macam, ada aliran Syiah Zaidiyah ada aliran Syiah Imamiyah Itsna Asyariah ada aliran Syiah Ismailiyah dll, maka saat ini apabila kita menyebut kata Syiah, maka yang dimaksud adalah aliran Syiah Imamiyah Itsna Asyariah yang sedang berkembang di negara kita dan berpusat di Iran atau yang sering disebut dengan Syiah Khumainiyah.
Hal mana karena Syiah inilah yang sekarang menjadi penyebab adanya keresahan dan permusuhan serta perpecahan di dalam masyarakat, sehingga mengganggu dan merusak persatuan dan kesatuan bangsa kita.
Tokoh-tokoh Syiah inilah yang sekarang sedang giat-giatnya menyesatkan umat Islam dari ajaran Islam yang sebenarnya.


1. Kitab Tafsir Kaum Mu'tazilan Dan Syi'ah Beserta Pengarangnya.

Karena Syi'ah dan Mu'tazilah menyimpang dari ajaran Ahlus-Sunnah wal jama'ah, maka perlu kiranya diwaspadai ajaran-ajaran dan propaganda mereka. Tidak kalah penting berhati-hati memilih dan mempelajari kitab tafsir para ulama mereka, karena bisa membelokkan akidah pembacanya atau bahkan mendangkalkan akidah yang pada akhirnya merusak keimanan dan amal ibadah manusia, naudzu billaahi min dzalik.
Berikut beberapa kitab tafsir dan pengarangnya:
1. Tanzihu al-Qur'an an-al-Matha'in (Mu'tazilah), Abdul Jabar bin Ahmad al-Hamdani.
2. Amaali Asy-Syarif al-Murtadha (Mu'tazilah), Ali bin Ahmad al-Husain.
3. Al-Kasysyaf (Mu'tazilah), Mahmud bin Umar az-Zamakhsyari.
4. Mir'atu al-Anwar wa Misykatu al Asrar (Syi'ah), Abdul Latif al-Kazarani.
5. Al-'Asykari (Syi'ah), al-Hasan bin Ali al-Hadi.
6. Majma'al-Bayan (Syi'ah), Fadhal bin al-Hasan ath-Tharusi.
7. Ash-Shaafi fii Tafsiri al-Qur'an (Syi'ah), Muhammad bin Syah Murtadha al-Kasyi.
8. Tafsiru al-Qur'an (Syi'ah), Abdullah bin Muhammad al-Alawi.
9. Bayaanu as-Sa'adah (Syi'ah), Sulthan Muhammad bin Haidar al-Khurrasani.
               ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
Sumber:
1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, hal. 486-487,Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.
http://www.syariahonline.com/v2/aqidah/2416-pengertian-mutazilah.html
http://www.albayyinat.net/jwb1t.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar