Jumat, 12 Juni 2015

Surat-Surat Yang Menyentuh Allah, Dicintai Dan Ditangisi Rasulullah

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Al-Quran adalah kitab suci agama islam untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia dari awal diturunkan hingga waktu penghabisan spesies manusia di dunia baik di bumi maupun di luar angkasa akibat kiamat besar.
Di dalam surat-surat dan ayat-ayat al-Qur'an terkandung kandungan yang secara garis besar dapat kita bagi menjadi beberapa hal pokok atau hal utama, yakni: Aqidah, Ibadah, Akhlak, Hukum, Sejarah & Dorongan Untuk Berfikir. Dari sebagian ayat dan suratnya, mempunyai beberapa nilai khusus/keistimewaan berdasarkan penjelasan dari hadits Nabi Muhammad saw. Artikel ini menyajikannya dalam format tanya-jawab agar lebih ringkas dan mudah dipahami, insyaallah.

1. Surat Yang Paling Menyentuh Bagi Allah

Tanya:
Rasulullah saw. pernah memberitahu kami surat yang paling menyentuh bagi Allah Ta'ala. Surat apakah itu ?
Jawab
Sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan Uqbah bin Amir, Rasulullah saw. bersabda: 
لن تقرأ سيئا أبلغ عند الله من قل أعوذ برب الفلق
"Engkau tidak akan membaca suatu surat pun yang lebih menyentuh bagi Allah Ta'ala melebihi surat Qul a'udzu birabbil Falaq ."[1].

2. Surat Yang Menjadikan Rasulullah Menangis

Tanya:
Surat apa yang dibacakan Ibnu Mas'ud kepada Rasulullah saw.? Dan apa pula surat yang menjadikan Rasulullah saw. menangis dan meminta Ibnu Mas'ud untuk menghentikan bacaannya ?
Jawab;
Itulah surat An-Nisa'. Sebagaimana yang diceritakan dalam hadits berikut ini, dari Abdullah bin Mas'ud, ia menceritakan, Rasulullah saw. pernah berujar kepadaku, "Bacakan kepadaku Al-Qur'an." Ibnu Mas'ud berkata, "Ya Rasulullah, apakah layak bagiku membacakan ayat kepadamu sedang ia diturunkan kepadamua?" Rasulullah menjawab, "Ya", maka aku pun membaca surat An-Nisa hingga ketika sampai ayat, فَكَيۡفَ إِذَا جِئۡنَا مِن كُلِّ أُمَّةِۭ بِشَهِيدٍ۬ وَجِئۡنَا بِكَ عَلَىٰ هَـٰٓؤُلَآءِ شَہِيدً۬ا 
Maka bagaimanakah [halnya orang kafir nanti], apabila Kami mendatangkan seseorang saksi [rasul] dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu [Muhammad] sebagai saksi atas mereka itu [sebagai umatmu]. (Q.S. An-Nisa: 41), beliau berkata, "Sudah cukup!" Lalu aku pun menoleh ke arah beliau dan ternyata kedua matanya meneteskan air mata.[2].

3. Ayat Yang Paling Dicintai Rasul

Tanya:
Apakah ayat yang diturunkan kepada Rasulullah saw. yang lebih beliau cintai daripada dunia dan segala isinya ?
Jawab:
Yaitu ayat pertama sampai kelima surat Al-Fath. Berdasarkan sebuah hadits, Rasulullah saw. bersabda:
لقد أنزلت على آية  هي أحب إلي من الدنيا جميعا : (إنا فتحنا لك فتحاً مبينا ليغفر لك الله ) إلى قوله ( فوزا عظيما
"Telah diturunkan kepadaku ayat yang ia lebih aku cintai daripada dunia secara keseluruhan, yaitu, Innafatahnaa laka sampai firman-Nya, 'Adziman." [3].
Redaksi Surat Al-Fath 1-5:
إِنَّا فَتَحۡنَا لَكَ فَتۡحً۬ا مُّبِينً۬ا (١) لِّيَغۡفِرَ لَكَ ٱللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنۢبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعۡمَتَهُ ۥ عَلَيۡكَ وَيَہۡدِيَكَ صِرَٲطً۬ا مُّسۡتَقِيمً۬ا (٢) وَيَنصُرَكَ ٱللَّهُ نَصۡرًا عَزِيزًا (٣) هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ ٱلسَّكِينَةَ فِى قُلُوبِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ لِيَزۡدَادُوٓاْ إِيمَـٰنً۬ا مَّعَ إِيمَـٰنِہِمۡ‌ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ‌ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمً۬ا (٤) لِّيُدۡخِلَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتِ جَنَّـٰتٍ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِہَا ٱلۡأَنۡہَـٰرُ خَـٰلِدِينَ فِيہَا وَيُڪَفِّرَ عَنۡهُمۡ سَيِّـَٔاتِہِمۡ‌ۚ وَكَانَ ذَٲلِكَ عِندَ ٱللَّهِ فَوۡزًا عَظِيمً۬ا (٥
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata [1]. (1) supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan ni’mat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus, (2) dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat [banyak]. (3) Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mu’min supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka [yang telah ada]. Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi [2] dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (4) supaya Dia memasukkan orang-orang mu’min laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dan supaya Dia menutupi kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar di sisi Allah, (5)
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
                                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”    
Sumber:
Buku Tanya Jawab Tentang Al-Qur'an hal.4, 24-25 dan 31, Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.
***
[1]. Lihat buku Shahih Al-Jami'ush-Shaghir wa Ziyadatuh, Albani, 5217.
[2]. Lihat buku Fathul-Bari, jilid IX.
[3]. Lihat Shahih Al-Jami'ush-Shaghir wa Ziyadatuh, Albani, 5120.

1 komentar: