Sabtu, 06 Juni 2015

Fadhilah, Manfaat Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah dan At-Taubah 129

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Perjalanan Kehidupan manusia di dunia ini penuh berliku; silih berganti suka dan duka; senang dan susah. Dan diantara dua jenis kesusahan adalah tidak tentramnya kehidupan keluarga serta kekurangan harta. Hawa panas yang ada dalam rumah tangga boleh jadi karena terlalu bebasnya setan menggoda para penghuninya, sehingga para penghuninya menjadi emosional, sering bertengkar dan jauh dari menjalankan kewajiban kepada Allah. Al-qur'an telah memberikan solusi agar rumah kita menjadi nyaman, serta kran rezeki mengalir dengan lancar sehingga kebutuhan rumah tangga tercukupi dan tidak mengandalkan hutang. Fadhilah ayat-ayat berikut dirangkum dengan model tanya-jawab, semoga bermanfaat.

1. Dua Ayat yang Memberikan Kecukupan Bagi Seorang Muslim

Tanya:
Rasulullah saw. memberitahu kami bahwa Allah swt. telah menulis Kitab dua ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Kitab itu berada di 'Arsy, dan dari Kitab tersebut Dia menurunkan dua ayat, apakah kedua ayat itu ?
Jawab:
Hal ini telah diuraikan secara gamblang dan jelas dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Nu'man bin Basyir, dari Rasulullah saw., bahwasanya beliau bersabda (yang artinya): "Sesunggunya Allah Ta'ala telah menulis sebuah Kitab dua ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Kitab itu berada di Arsy, dan darinya Dia telah menurunkan dua ayat, yang dengan keduanya Dia menutup surah Al-Baqarah. Tidaklah kedua ayat tersebut dibaca di dalam suatu rumah selama tiga malam, melainkan rumah tersebut tidak akan didekati oleh syetan."[Shahih al-jami'ush-Shaghir, penambahan pada hadits tersebut dilakukan oleh Al-bani].
Rasulullah saw. juga bersabda: 
مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ
"Dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah, barangsiapa membacanya pada malam hari, maka keduanya akan memberikan kecukupan baginya."[Shahih al-jami'ush-Shaghir, penambahan pada hadits tersebut dilakukan oleh Al-bani , 2756].
Juga sabda beliau berikut ini.
"Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah pada malam hari, maka keduanya akan memberikan kecukupan baginya." [Fathul Baari, jilid IX].
Dalam buku yang lain juga disebutkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda:
"Barangsiapa membawa dua ayat dari surah Al-Baqarah pada malam hari, maka keduanya akan memberikan kecukupan baginya." [Fadha'ilul Qur'an, An-Nasa'i, hal. 43].
Penjelasan:
Yang dimaksud dua ayat terakhir surat al-Baqarah adalah ayat ke-285 dan 286 dari surat tersebut yang redaksinya berbunyai:
ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَ‌ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَـٰٓٮِٕكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٍ۬ مِّن رُّسُلِهِۦ‌ۚ وَقَالُواْ سَمِعۡنَا وَأَطَعۡنَا‌ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيۡكَ ٱلۡمَصِيرُ (٢٨٥
Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. [Mereka mengatakan]: "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun [dengan yang lain] dari rasul rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami ta’at". [Mereka berdo’a]: "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali". (285) 
 لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَا‌ۚ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡہَا مَا ٱكۡتَسَبَتۡ‌ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَآ إِن نَّسِينَآ أَوۡ أَخۡطَأۡنَا‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَآ إِصۡرً۬ا كَمَا حَمَلۡتَهُ ۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِنَا‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ‌ۖ وَٱعۡفُ عَنَّا وَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَآ‌ۚ أَنتَ مَوۡلَٮٰنَا فَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡڪَـٰفِرِينَ (٢٨٦
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala [dari kebaikan] yang diusahakannya dan ia mendapat siksa [dari kejahatan] yang dikerjakannya. [Mereka berdo’a]: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (286).

2. Ayat Yang Dapat Memenuhi Kepentingan

Tanya:
Ada satu ayat di dalam Al-Qu'an yang barangsiapa membacanya 7 kali, maka Allah Ta'ala akan memenuhi apa yang diperlukannya. Ayat apakah yang dimaksud ?
Jawab:
Yaitu ayat 129 dari surat At-Taubah.
Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Abu Daud dari Abu Darda', ia mengatakan: "Barangsiapa pada pagi dan sore hari membaca ayat: 
حَسۡبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ‌ۖ عَلَيۡهِ تَوَڪَّلۡتُ‌ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلۡعَرۡشِ ٱلۡعَظِيمِ
"Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ’Arsy yang agung". (129).
Sebanyak  7 kali, maka Allah akan memenuhi apa yang diperlukannya." [Tafsirul Aliyil-Qadr li Ikhtishari Tafsir Ibn Katsir, Muhammad Nasib Rifa'i].
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
                                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”    
Sumber:
Buku Tanya Jawab Tentang Al-Qur'an hal.1 dan 33, Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.

3 komentar:

  1. terima kasih banyak atas postingan nya , mohon ijin untuk mengamalkan nya

    BalasHapus
  2. matur suwun atas postingan nya sangat bermanfaat sekali

    arifinsouvenir.blogspot.co.id

    BalasHapus