Jumat, 29 Mei 2015

Adab Sunnah dan Bacaan Keluar Masuk Rumah

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Aktifitas keluar dan kembali ke rumah dalam sehari bisa terjadi beberapa kali sesuai keperluan setiap orang, di situlah sebenarnya  banyak peluang pahala yang bisa kita raih jika kita mengamalkan sunnah yang diajarkan dan dipraktekkan Nabi Muhammad saw. Setiap Muslim hendaknya memperhatikan sunnah-sunnah ketika ia akan keluar rumah dan kembali/masuk ke dalam rumah. Secara singkat, adab yang berhubungan dengan urusan ini adalah: Berdzikir, berdo’a ketika masuk rumah, memberi salam kepada penghuninya, dan berdo'a ketika hendak keluar atau pergi dari rumah. Berikut adalah rinciannya yang disarikan dari hadits Rasulullah saw.

1. Sunnah-Sunnah yang berkaitan dengan keluar masuk rumah.

Imam Nawawi berkata: "Dianjurkan membaca basmalah, memperbanyak dzikir kepada Allah dan memberi salam."
1. Dzikir kepada Allah
Dzikir kepada Allah ketika masuk rumah berdasarkan hadits Rasulullah saw.
إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُوْلِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: لاَ مَبِيْتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ
"Apabila seseorang memasuki rumahnya, dan ia berdzikir kepada Allah ketika akan masuk dan ketika akan makan, maka syaitan berkata (kepada kawan-kawannya): 'Tidak ada tempat untuk menginap dan makan malam bagi kalian." [1].
2. Berdo'a ketika memasuki rumah.
Berdasarkan hadits Nabi saw.:
اَللّٰهُمَّ اَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجْ وَخَيْرَ المُخْرَجِ ، بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا
"Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan ketika masuk dan kebaikan ketika keluar. Dengan menyebut nama Allah kami masuk dan kami keluar. Dan hanya kepada Allah, Rabb kami, kami bertawakkal."
Kemudian dia memberi salam kepada keluarganya (di rumah). [2].
Dengan do'a ini seseorang dapat merasakan tawakkalnya kepada Allah ketika masuk dan keluar rumah. Dan ini akan melahirkan hubungan yang terus menerus antara hamba dengan Allah.
3. Bersiwak
كَانَ إِذَا دَخَلَ بَيْتَهُ بَدَأَ بِالسِّوَاكِ 
"Rasulullah saw. apabila masuk ke rumahnya, beliau memulai dengan bersiwak." [3].
4. Mengucapkan salam
Berdasarkan firman Allah Ta'ala:
فَإِذَا دَخَلۡتُم بُيُوتً۬ا فَسَلِّمُواْ عَلَىٰٓ أَنفُسِكُمۡ تَحِيَّةً۬ مِّنۡ عِندِ ٱللَّهِ مُبَـٰرَڪَةً۬ طَيِّبَةً۬‌ۚ 
"...Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah..." (Q.S. An-Nur: 61).
Jika sebelum memasuki rumahnya - setiap kali selesai mengerjakan shalat fardhu di masjid - seorang Muslim mengamalkan sunnah-sunnah tersebut, amaka dalam sehari semalam jumlah keseluruhan sunnah tersebut tidak kurang dari 20 sunnah.
Sedangkan ketika hendak keluar dari rumah, disunnahkan membaca:
 بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِااللَّهِ
"Dengan menyebut Nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan Allah)."
Jika seorang Muslim membaca do'a tersebut maka akan dikatakan kepadanya: 'Engkau telah dicukupi, dipelihara, dan diberi petunjuk, kemudian syaitan pun menjauhinya." [4].
Seorang Muslim dalam kesehariannya berulangkali keluar dari rumahnya, seperti keluar untuk shalat di masjid, atau keluar untuk kerja dan memenuhi kebutuhan rumah tangga. maka hendaklah ia mengamalkan sunnah-sunnah ini setiap keluar rumah, agar ia akan mendapat kebaikan dan pahala yang besar.

Faedah Mengikuti Sunnah-Sunnah Ini

1. Semua urusan dunia dan akhirat seorang hamba Allah akan dicukupi.
2. mendapatkan perlindungan dari setiap kejahatan dari setiap yang dibenci, baik berasal dari jin, maupun manusia.
3. Seorang hamba akan mendapatkan hidayah, dan hidayah itu lawan dari kesesatan.
Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita di seluruh aktifitas, baik yang berkaitan dangan agama maupun dunia, amin.
Semoga bermanfaat.
ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                    
      “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Sumber:
1000 Amalan Sunnah dalam Sehari Semalam hal. 19-22, Khalid Husainan, Pustaka Imam Syafi'i.
***
[1]. H.R. Muslim (2018).
[2]. H.R. Abu Daud (5096), Hadits ini dhaif, Al-Hafidz al-Mundziri berkata: "Di dalam sanadnya terdapat Muhammad bin Ismai'il bin 'Iyasy, terdapat perbincangan tentang dia dan ayahnya."
[3]. H.R. Muslim (253).
[4]. H.R. Abu Daud (5059) dan Tirmidzi (3426).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar