Minggu, 26 April 2015

Daftar Tema Dan Nasakh Pada Surat An-Nahl Sampai Shad

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya anda membaca postingan sebelumnya agar dapat memahami urutan dan persambungannya, silakan klik:
Kalau sudah membacanya barulah anda melangkah ke artikel berikut ini, insyaallah akan membantu pemahaman al-qur'an beserta kesimpulan hukum yang terkandung di dalamnya, amin.

1. Deskripsi Surat

[16] An-Nahl. Nama an-Nahl terambil dari kata yang terdapat di ayat ke 68 surah ini, dan hanya sekali itulah al-Qur'an menyebut ini. Sayyid Quthub menilai uraian surah ini sangat tenang dan halus, namun sangat padat. Tema-tema pokoknya bermacam-macam, tapi tidak keluar dari tema surah-surah yang turun sebelum Nabi saw. hijrah., Yakni tentang Ketuhanan, Wahyu dan kebangkitan, keesaan Allah yang menghubungkan agama Ibrahim dan Muhammad,  juga tentang kehendak Allah dan kehendak manusia dalam konteks iman dan kufur, kesesatan. Demikian juga soal penghalalan dan pengharaman, soal hijrah dan ujian yang dihadapi kaum muslimin, dan tidak ketinggalan soal interaksi sosial seperti keadilan, ihsan, infaq, menepati janji dll.
[17] al-Isra'. DInamai al-Isra' karena awal ayatnya berbicara tentang 'al-Isra' yang merupakan uraian yang tidak ditemukan secara tersurat selain pada surah ini. Demikian juga dengan nama Bani Isra'il, karena hanya di sini diuraikan tentang pembinasaan dan penghancuran Bani Isra'il. Ia dinamai juga dengan surah Subhana karana awal ayatnya dimulai dengan kata tersebut. Nama yang populer pada masa Nabi saw. adalah: surah Bani Isra'il. Tirmidzi meriwayatkan dari 'Aisyah r.a., bahwa Nabi saw. tidak tidur sebelum membaca surah Az-Zumar dan Bani Isra'il.
[19] Maryam. Surah ini terdiri dari 98 ayat. Ia dikenal luas dengan nama tersebut sejak masa Nabi saw., bahkan beliaulah yang menamainya demikian, karena di dalam surah itu diuraikan kisah Maryam, ibunda Nabi 'Isa a.s. At-Thabrani dan ad-Dhailami meriwayatkan bahwa salah seorang sahabat datang kepada Nabi saw. menyampaikan bahwa :"Semalam aku dianugerahi seorang anak perempuan." Nabi saw. bersabda: "Semalam diturunkan kepadaku surah Maryam, maka namailah anak perempuanmu itu Maryam." Sejak itu sahabat tadi dikenal dengan sebutan Abu Maryam, padahal namanya Nadzir. Riwayat lain menyatakan bahwa Ibnu Abbas r.a. menamai surat ini dengan surat Kaf, Ha, Ya, 'Ain, Shad.
[20] Thaha. Surah ini dinamai Thaha, ada juga yang menamainya surah al-Kalim (mitra bicara), maksudnya ialah Nabi Musa a.s. yang menerima wahyu dan mendengar firman-firman-Nya secara langsung tanpa perantara malaikat. Para ulama sepakat bahwa surah ini urutan turunnya yang ke-45 setelah Surah Maryam. Turun pada tahun pertama kenabian, yakni sebelum Umar r.a. masuk Islam, karena seperti dijelaskan oleh banyak riwayat, bahwa Umar masuk Islam di rumah saudara perempuan dan iparnya yang ketika itu sedang mempelajari surat Thaha. Umar sangat terkesan dengan awal surat ini dan dengan berkah-Nya beliau kemudian masuk Islam.
[21] al-Anbiya'. Surah ini dinamakan demikian sejak masa Nabi saw. Bukhari meriwayatkan ucapan Ibnu Mas'ud r.a yang menyebut nama surah al-Anbiya' bersama al-Isra', al-Kahfi, maryam dan Thaha dan menilainya sebagai surah-surah yang pertama turun. Tidak dikenal nama lain untuk surat ini selain al-Anbiya' tadi. Di dalamnya disebutkan 16 nama nabi, tidak ada satu surah pun dalam al-Qur'an (selain al-An'am) yang menyebut nama nabi sebanyak itu. Surah al-An'am menyebut 18 nama Nabi, tetapi karena al-An'am sangat menonjol uraiannya tentang ternak(al-an'am), maka nama itu lebih populer baginya, apalagi surah ini lebih dulu turun daripada al-An'am.
[22] Al-Hajj. Nama al-Hajj, adalah satu-satunya nama yang dikenal untuk surat ini. Penamaan tersebut boleh jadi karena dalam surah ini diuraikan perintah Allah kepada Nabi Ibrahim a.s. agar mengumandangkan panggilan berkunjung ke Baitullah serta beberapa uraian tentang ibadah haji dan manfaatnya. Penamaan surah ini sudah dikenal sejak jaman Rasulullah saw. Abu Daud dan Tirmidzi meriwayatkan bahwa sahabat Nabi saw. 'Uqbah ibn 'Amr bertanya kepada Nabi saw."Wahai Rasulullah, apakah surah al-Hajj memperoleh keutamaan dari surah-surah al-Qur'an yang lain dengan adanya dua sujud?" Beliau menjawab: "Ya."
[23]. Al-Mu'minun. Nama al-Mu'minun atau al-Mu'minin dikenal sejak masa Nabi saw. Imam Nasa'i meriwayatkan bahwa sahabat nabi saw. yakni Abdullah ibn Sa'ib mengatakan: "Pada hari pembukaan kota Makah, aku shalat bersama Rasulullah saw.. Beliau shalat dengan menghadap Ka'bah, setelah membuka alas kaki beliau dan meletakannya di sebelah kiri beliau. Sewaktu itu beliau membaca surah al-Mu'minun, dan ketika tiba pada ayat yang berbicara tentang Musa dan Isa, beliau terbatuk-batuk, dan beliau pun ruku'" Ada juga yang menamai surah ini dengan Qad Aflaha, kedua nama ini terambil dari kata-kata yang terdapat pada awal surah ini.
[24] An-Nur. Para ulama sepakat bahwa surah ini Madaniyah. Diriwayatkan bahwa Nabi saw. berpesan: " Ajarkanlah surah an-Nur kepada keluarga kamu." Umar r.a. juga berpesan serupa dan menambahkan di samping surah an-Nur juga an-Nisa dan al-Ahzab. Di dalam surah ini diceritakan kebohongan dan isu negatif yang dilontarkan kepada isteri Nabi saw.,'Aisyah r.a. (ayat 11-26) turun beberapa saat setelah terjadinya perang Bani al-Mushthalag tahun ke-IV Hijriyah. Sedang uraian tentang hukum Allah terhadap yang menuduh isterinya berzina (ayat 4-10) turun setelah itu, yakni pada bulan Sya'ban tahun ke-IX, setelah perang Tabuk.
[25] Al-Furqan. Nama surat ini telah dikenal sejak masa Nabi saw. Bukhari meriwayatkan bahwa Umar bin Khattab r.a. berkata bahwa: "Aku mendengar Ibn Hizam membaca surah al-Furqan pada masa hidup Rasulullah saw, aku mendengar dengan tekun bacaannya maka kutemukan dia membaca dengan huruf-huruf (bacaan-bacaan) yang berbeda dengan yang diajarkan kepadaku oleh Nabi saw. Aku hampir saja menerkamnya dalam shalat tetapi aku bersabar hingga ia selesai, lalu aku menarik leher bajunya dan berkata kepadanya: 'Siapa yang mengajarkan kepadamu surah yang aku dengar engkau baca tadi?' Dia mengaku bahwa Rasul saw. yang mengajarnya. Maka aku menggiringnya kepada Nabi saw. dan ketika tiba di hadapan Nabi saw. beliau meminta Hisyam ibn Hakim ibn Hizam membacanya. lalu beliau bersabda: 'Demikianlah surat itu turun.' Kemudian beliau memerintahkan aku membacanya, dan setelah selesai kubaca sebagaiamana beliau ajarkan kepadaku, beliau bersabda juga: 'Demikian jugalah surah itu turun, al-Qur'an diturunkan dalam tujuh huruf, maka bacalah apa yang mudah darinya." (H.R. Bukhari),




[16] AN-NAHL  (5 Ayat)
1 وَمِن ثَمَرَٲتِ ٱلنَّخِيلِ وَٱلۡأَعۡنَـٰبِ تَتَّخِذُونَ مِنۡهُ سَڪَرً۬ا وَرِزۡقًا حَسَنًا‌ۗ  ... قُلۡ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّىَ ٱلۡفَوَٲحِشَ مَا ظَهَرَ مِنۡہَا وَمَا بَطَنَ وَٱلۡإِثۡمَ
Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezki yang baik. ... (Q.S> An-Nahl: 16). Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, (Q.S. Al-A'raf: 33).
Yang dimaksud perbuatan dosa pada ayat ini ialah khamar. Akan tetapi menurut pendapat yang lain ayat ini dimansukh oleh firman-Nya:
 فَهَلۡ أَنتُم مُّنتَہُونَ 
maka berhentilah kamu [dari mengerjakan pekerjaan itu]. (Q.S. Al-Ma'idah: 91)
2 فَإِن تَوَلَّوۡاْ فَإِنَّمَا عَلَيۡكَ ٱلۡبَلَـٰغُ ٱلۡمُبِينُ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Jika mereka tetap berpaling, maka sesungguhnya  kewajiban yang dibebankan atasmu [Muhammad] hanyalah menyampaikan [amanat Allah] dengan  terang . (Q.S. An-Nahal: 82) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3 مَن ڪَفَرَ بِٱللَّهِ مِنۢ بَعۡدِ إِيمَـٰنِهِۦۤ  إِلَّا مَنۡ أُڪۡرِهَ وَقَلۡبُهُ ۥ مُطۡمَٮِٕنُّۢ بِٱلۡإِيمَـٰنِ
Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah dia beriman [dia mendapat kemurkaan Allah], (Q,S.An-Nahl: 106).  kecuali orang yang dipaksa kafir padahal hati nya tetap tenang dalam beriman [dia tidak berdosa], (Q.S. An-Nahl: 106).
4&5 وَجَـٰدِلۡهُم  ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
dan bantahlah mereka ... (Q.S. An-Nahl: 125). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
وَٱصۡبِرۡ ...
Bersabarlah hai Muhammad... (Q.S. An-Nahl: 127).
[17] AL-ISRA' (3 Ayat).
1  وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٲلِدَيۡنِ إِحۡسَـٰنًا‌ۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡڪِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا Sebagian dari hukum yang dikandungnya di-mansukh, sedangkan sebagian yang lainnya tidak, dan tetap masih berlaku menurut pengertian lahiriahnya. Hukum ayat ini bagi ahli Tauhid, termasuk ayat yang muhkam, dan di-mansukh bagi orang yang musyrik. Adapun ayat yang memansukhnya ialah firman-Nya:
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu  jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah di duanya sampai berumur lanjut dalam pemelihara antara keduanya atau kedua-anmu ... (Q.S.Al-Isra' 23). مَا كَانَ لِلنَّبِىِّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَن يَسۡتَغۡفِرُواْ لِلۡمُشۡرِڪِينَ
Sampai dengan firman-Nya: Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun [kepada Allah] bagi orang-orang musyrik,  (Q.S. At-Taubah: 113).
كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرً۬ا 
sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku
waktu kecil". (Al-Isra': 24)
2 رَّبُّكُمۡ أَعۡلَمُ بِكُمۡ‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Tuhanmu lebih mengetahui tentang kamu.(Q.S. Al-Isra': 54). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
Sampai dengan firman-Nya:
 وَمَآ أَرۡسَلۡنَـٰكَ عَلَيۡہِمۡ وَڪِيلاً۬
Dan Kami tidaklah mengutusmu untuk menjadi 
penjaga bagi mereka. (Q.S. Al-Isra': 54)
3 قُلِ ٱدۡعُواْ ٱللَّهَ أَوِ ٱدۡعُواْ ٱلرَّحۡمَـٰنَ‌ۖ وَٱذۡكُر رَّبَّكَ فِى نَفۡسِكَ تَضَرُّعً۬ا وَخِيفَةً۬ ...
Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. (Q.S. Al-Isra': 110). Dan sebutlah [nama] Tuhanmu dalam hatimu  dengan merendahkan diri dan rasa takut,(Q.S. Al-A'raf: 205)
Sampai dengan firman-Nya: .
فَلَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ‌ۚ 
Dia mempunyai al asmaaul husna [nama-nama 
yang terbaik] (Q.S. Al-Isra': 110).
[19] MARYAM (5 Ayat)
1 وَأَنذِرۡهُمۡ يَوۡمَ ٱلۡحَسۡرَةِ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan (Q.S. Maryam: 39). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 فَسَوۡفَ يَلۡقَوۡنَ غَيًّا  إِلَّا مَن تَابَ
maka mereka kelak akan menemui kesesatan. (Q.S. Maryam: 59). kecuali orang yang bertaubat,(Q.S. Maryam:60)
Al-Ghayy ialah nama sebuah lembah yang terda
pat di dasar neraka Jahannam. Ayat ini diman-
sukh oleh ayat lainnya melalui ungkapan istisna
atau pengecualian, yaitu firman-Nya:
3 قُلۡ مَن كَانَ فِى ٱلضَّلَـٰلَةِ فَلۡيَمۡدُدۡ لَهُ ٱلرَّحۡمَـٰنُ مَدًّا‌ۚ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Katakanlah: "Barangsiapa yang berada di dalam  kesesatan, maka biarlah Tuhan yang Maha Pemurah memperpanjang tempo baginya; (Q.S. Maryam:75). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
4 فَلَا تَعۡجَلۡ عَلَيۡهِمۡ‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
maka janganlah kamu tergesa-gesa memintakan  siksa terhadap mereka, (Q.S. Maryam: 84). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
5
 ... فَخَلَفَ مِنۢ بَعۡدِهِمۡ خَلۡفٌ
إِلَّا مَن تَابَ وَءَامَنَ ...
Maka datanglah sesudah mereka, pengganti  kecuali orang yang bertaubat, beriman ... (Q.S. Maryam: 60).
[yang jelek] ... (Q.S. Maryam: 59). Hanya saja di dalam hal ini terdapat penyusunan yang didahulukan; atau dengan kata lain ayat yang memansukh didahulukan, sedangkan ayat yang dimansukh disebutkan kemudian.
[20] THAHA (3 Ayat).
1 وَلَا تَعۡجَلۡ بِٱلۡقُرۡءَانِ مِن قَبۡلِ أَن يُقۡضَىٰٓ إِلَيۡكَ وَحۡيُهُ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu .. (Q.S. Thaha: 114) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 فَٱصۡبِرۡ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, (Q.S. Thaha: 130). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3 قُلۡ ڪُلٌّ۬ مُّتَرَبِّصٌ۬ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Katakanlah: "Masing-masing [kita] menanti, (Q.S. Thaha: 135). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[21] AL-ANBIYA (2 Ayat)
1 إِنَّڪُمۡ وَمَا تَعۡبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ حَصَبُ جَهَنَّمَ إِنَّ ٱلَّذِينَ سَبَقَتۡ لَهُم مِّنَّا ٱلۡحُسۡنَىٰٓ
Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah  selain Allah, adalah umpan Jahannam, (Q.S. Al-Anbiya: 98). Bahwasanya orang-orang yang telah ada untuk mereka ketetapan yang baik dari Kami, (Q.S. Al-Anbiya: 101)
2  وَڪُلٌّ۬ فِيہَا خَـٰلِدُونَ  إِنَّ ٱلَّذِينَ سَبَقَتۡ لَهُم مِّنَّا ٱلۡحُسۡنَىٰٓ
Dan semuanya akan kekal di dalamnya. (Q.S.Al-Anbiya: 99) Bahwasanya orang-orang yang telah ada untuk mereka ketetapan yang baik dari Kami, (Q.S. Al-Anbiya: 101)
[22] AL-HAJJ (2 Ayat)
1 وَمَآ أَرۡسَلۡنَا مِن قَبۡلِكَ مِن رَّسُولٍ۬ وَلَا نَبِىٍّ إِلَّآ إِذَا تَمَنَّىٰٓ أَلۡقَى  ٱلشَّيۡطَـٰنُ فِىٓ أُمۡنِيَّتِهِۦ سَنُقۡرِئُكَ فَلَا تَنسَىٰٓ
Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang  rasulpun dan tidak [pula] seorang nabi, melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, syaitan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu, (Q.S. Al-Hajj: 52) Kami akan membacakan [Al Qur’an] kepada mu [Muhammad] maka kamu tidak akan lupa, (Q.S. Al-A'la: 6).
2  يَحۡڪُمُ بَيۡنَهُمۡ‌ۚ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dia memberi keputusan di antara mereka. (Q.S. Al-Hajj: 56). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[23] AL-MU'MINUN (2 Ayat)
1 فَذَرۡهُمۡ فِى غَمۡرَتِهِمۡ حَتَّىٰ حِينٍ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu. (Q.S. Al-Mu'minun: 54). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
ٱدۡفَعۡ بِٱلَّتِى هِىَ أَحۡسَنُ ٱلسَّيِّئَةَ‌ۚ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
2 Tolaklah perbuatan buruk mereka dengan yang lebih baik, (Q.S. Al-Mu'minun: 96). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[24] AN-NUR (7 Ayat)
1 وَلَا تَقۡبَلُواْ لَهُمۡ شَہَـٰدَةً أَبَدً۬ا‌ۚ  إِلَّا ٱلَّذِينَ تَابُو ...
dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. (Q.S. An-Nur: 4) kecuali orang-orang yang bertaubat ...
Q.S.An-Nur: 5).
2 ٱلزَّانِى لَا يَنكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوۡ مُشۡرِكَةً۬ وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَـٰمَىٰ مِنكُمۡ 
Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang  musyrik; (Q.S. An-Nur: 3). Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, (Q.S. An-Nur: 32).
3 وَٱلَّذِينَ يَرۡمُونَ أَزۡوَٲجَهُمۡ وَلَمۡ يَكُن لَّهُمۡ شُہَدَآءُ إِلَّآ أَنفُسُهُمۡ  وَٱلۡخَـٰمِسَةُ أَنَّ لَعۡنَتَ ٱللَّهِ عَلَيۡهِ إِن كَانَ مِنَ ٱلۡكَـٰذِبِينَ 
Dan orang-orang yang menuduh isterinya [berzina], padahal mereka tidak ada mempunyai saksi-saksi  selain diri mereka sendiri, (Q.S. An-Nur: 6). Dan [sumpah] yang kelima: bahwa la’nat Allah atasnya, jika dia termasuk orang-orang yang  berdusta. (Q.S. An-Nur: 7)
وَٱلۡخَـٰمِسَةَ أَنَّ غَضَبَ ٱللَّهِ عَلَيۡہَآ إِن كَانَ مِنَ ٱلصَّـٰدِقِينَ
dan [sumpah] yang kelima: bahwa la’nat Allah atasnya jika suaminya itu termasuk orang-orang yang benar. (Q.S. An-Nur: 9)
4 يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَدۡخُلُواْ بُيُوتًا غَيۡرَ بُيُوتِڪُمۡ ... لَّيۡسَ عَلَيۡكُمۡ جُنَاحٌ أَن تَدۡخُلُواْ بُيُوتًا غَيۡرَ مَسۡكُونَةٍ۬ ...
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu (Q.S.
An-Nur: 27)
Tidak ada dosa atasmu memasuki rumah yang tidak disediakan untuk didiami, ... (Q.S. An-Nur: 29).
5 وَقُل لِّلۡمُؤۡمِنَـٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ أَبۡصَـٰرِهِنَّ وَٱلۡقَوَٲعِدُ مِنَ ٱلنِّسَآءِ ...
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendak lah mereka menahan pandangannya, (Q.S. An-Nur:31). Dan perempuan-perempuan tua yang telah  terhenti [dari haidh dan mengandung] ...(Q.S. An-Nur: 60).
6  فَإِنَّمَا عَلَيۡهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيۡڪُم مَّا حُمِّلۡتُمۡ‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu.  (Q.S. An-Nur: 54). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
7 يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لِيَسۡتَـٔۡذِنكُمُ ٱلَّذِينَ مَلَكَتۡ أَيۡمَـٰنُكُمۡ وَٱلَّذِينَ لَمۡ يَبۡلُغُواْ ٱلۡحُلُمَ مِنكُمۡ ثَلَـٰثَ مَرَّٲتٍ۬‌ۚ وَإِذَا بَلَغَ ٱلۡأَطۡفَـٰلُ مِنكُمُ ٱلۡحُلُمَ  ...
Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur  balig, ... (Q.S. An-Nur: 59).
Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-
 budak [lelaki dan wanita] yang kamu miliki, dan
 orang-orang yang belum balig di antara kamu,
meminta izin kepada kamu tiga kali [dalam satu
hari](Q.S. An-Nur: 59).
[25] AL-FURQAN (3 Ayat)
1 وَٱلَّذِينَ لَا يَدۡعُونَ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ إِلَّا مَن تَابَ وَءَامَنَ وَعَمِلَ صَـٰلِحً۬ا ...
Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah (Q.S. Al-Furqan: 68). kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, ... (Q.S. Maryam: 69).
Sampai dengan firman-Nya:
وَيَخۡلُدۡ فِيهِۦ مُهَانًا
dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keada-
an terhina, (Q.S. Al-Furqan: 69)
2 وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلۡجَـٰهِلُونَ قَالُواْ سَلَـٰمً۬ا Ayat ini jika dikaitkan dengan orang kafir maka, Ia dimansukh oleh ayat Ayatus Saif (At-Taubah ayat 5)/ Bila dikaitkan dengan orang-orang beriman, maka sebagian maknanya muhkam.
dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka,
mereka mengucapkan kata-kata yang baik.
( Q.S. Al-Furqan: 63)
[26] ASY-SYU'ARA (3 Ayat)
1 وَٱلشُّعَرَآءُ يَتَّبِعُهُمُ ٱلۡغَاوُ ۥنَ  إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ وَذَكَرُواْ ٱللَّهَ ...
Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat. (Q.S. Asy-Syu'ara: 224). kecuali orang-orang [penyair-penyair] yang beriman dan beramal saleh dan banyak menyebut Allah ... (Q.S. Asy-Syu'ara: 227).
Sampai dengan firman-Nya:
2&3 وَأَنَّہُمۡ يَقُولُونَ مَا لَا يَفۡعَلُونَ
dan bahwasanya mereka suka mengatakan apa
yang mereka sendiri tidak mengerjakan [nya]?,
(Q.S. Asy-Syu'ara: 226).
[27] AN-NAML (1 Ayat).
1 وَأَنۡ أَتۡلُوَاْ ٱلۡقُرۡءَانَ‌ۖ  ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan supaya aku membacakan Al Qur’an [kepada manusia]. ... (Q.S. An-Naml: 92) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
.
[28] AL-QASHAHS (1 Ayat)
1 وَقَالُواْ لَنَآ أَعۡمَـٰلُنَا وَلَكُمۡ أَعۡمَـٰلُكُمۡ  ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
dan mereka berkata: "Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, .... (Q.S. Al-Qashash: 55) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[29] AL-ANKABUT (1 Ayat)
1  وَلَا تُجَـٰدِلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلۡڪِتَـٰبِ إِلَّا بِٱلَّتِى هِىَ أَحۡسَنُ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, (Q.S. Al-Ankabut: 46). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[31] LUQMAN (1 Ayat)
1 وَمَن كَفَرَ فَلَا يَحۡزُنكَ كُفۡرُهُ ۥۤ‌ۚ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan barangsiapa kafir maka kekafirannya itu ja- maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
nganlah menyedihkanmu. (Q.S. Luqman: 23).
[32] AS-SAJDAH (1 Ayat).
1 فَأَعۡرِضۡ عَنۡهُمۡ وَٱنتَظِرۡ إِنَّهُم مُّنتَظِرُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka berpalinglah kamu dari mereka dan tunggulah, sesungguhnya mereka [juga] menunggu  (Q.S. As-Sajdah: 30) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[33] AL-AHZAB (2 Ayat)
1 وَلَا تُطِعِ ٱلۡكَـٰفِرِينَ وَٱلۡمُنَـٰفِقِينَ وَدَعۡ أَذَٮٰهُمۡ وَتَوَڪَّلۡ عَلَى ٱللَّهِۚ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan janganlah kamu menuruti orang-orang yang kafir dan orang-orang munafik itu, janganlah kamu hiraukan gangguan mereka dan bertawakkallah  kepada Allah.. (Q.S. Al-Ahzab: 48). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 لَّا يَحِلُّ لَكَ ٱلنِّسَآءُ مِنۢ بَعۡدُ وَلَآ أَن تَبَدَّلَ بِہِنَّ ... يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ إِنَّآ أَحۡلَلۡنَا لَكَ أَزۡوَٲجَكَ ٱلَّـٰتِىٓ ءَاتَيۡتَ أُجُورَهُنَّ ...
Tidak halal bagimu mengawini perempuan-perempuan sesudah itu dan tidak boleh [pula] mengganti mereka ... (Q.S. Al-Ahzab: 52). Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya ... (Q.S. Al-Ahzab: 50).
[34] SABA' (1 Ayat).
1 قُل لَّا تُسۡـَٔلُونَ عَمَّآ أَجۡرَمۡنَا وَلَا نُسۡـَٔلُ عَمَّا تَعۡمَلُونَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Katakanlah: "Kamu tidak akan ditanya [bertanggung jawab] tentang dosa yang kami perbuat dan  kami tidak akan ditanya [pula] tentang apa yang  kamu perbuat". (Q.S. Saba': 25) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[35] FATHIR (1 Ayat).
1 إِنۡ أَنتَ إِلَّا نَذِيرٌ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Kamu tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan. (Q.S. Fathir: 23) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[37] ASH-Shaffat (4 Ayat)
1&2 فَتَوَلَّ عَنۡہُمۡ حَتَّىٰ حِينٍ۬ (١٧٤) وَأَبۡصِرۡهُمۡ فَسَوۡفَ يُبۡصِرُونَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka berpalinglah kamu [Muhammad] dari mereka sampai suatu ketika . (174).  Dan lihatlah mereka, maka kelak mereka akan melihat [azab itu]. (175) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3&4 وَتَوَلَّ عَنۡهُمۡ حَتَّىٰ حِينٍ۬ (١٧٨) وَأَبۡصِرۡ فَسَوۡفَ يُبۡصِرُونَ (١٧٩) فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan berpalinglah kamu dari mereka hingga suatu ketika. (178). Dan lihatlah, maka kelak mereka juga akan melihat.(Q.S. Ash_shaffat: 179). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[38] SHAD (2 Ayat).
1 إِن يُوحَىٰٓ إِلَىَّ إِلَّآ أَنَّمَآ أَنَا۟ نَذِيرٌ۬ مُّبِينٌ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Tidak diwahyukan kepadaku, melainkan bahwa sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang nyata". (Q.S. Shad: 70) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 وَلَتَعۡلَمُنَّ نَبَأَهُ ۥ بَعۡدَ حِينِۭ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui [kebenaran] berita Al Qur’an setelah beberapa waktu lagi. (Q.S. Shad: 88). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
Semoga bermanfaat.
               ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                         
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Ayo bergabung menjadi PENGHAFAL AL-QUR'AN dalam grup whatsapp. Info dan pendaftaran untuk ikhwan klik MUSHAF 1 dan untuk akhawat klik MUSHAFAH 1
Sumber:
Tafsir Jalalain jilid 4, Jalaluddin al-Mahally dan Jalaluddin As-Suyuthi, Penerbit: Sinar Baru Algensindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar