Kamis, 02 April 2015

Ayat-Ayat Nasakh Pada Surat Al-An'am Sampai Al-Hijr

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Jika anda belum paham mengenai apa nasakh, nasikh dan mansukh, silakan klik Pengertian Nasakh. Daftar ayat yang dinasakh kali ini meliputi ayat-ayat pada Surat Al-An'am, Al-A'raf, Al-Anfal. At-Taubah, Hud, Ra'd Dan Al- Hijr. Saya sertakan deskripsi dan tema tiap surat untuk memberi gambaran singkat tentang kandungan atau isi surat dimaksud. semoga bermanfaat.

1. Deskripsi Surat:

  1. Surat Al-An'am. Surat ini adalah Makiyyah (kecuali 9 ayat). Secara redaksional penamaan itu tampaknya disebabkan kata al-an'am ditemukan dalam seluruh surat ini sebanyak enam kali. Nama ini merupakan satu-satunya yang dikenal pada masa Rasul saw. Menurut sejumlah riwayat, keseluruhan ayat-ayatnya turun sekaligus. Thabrani meriwayatkan surat ini diantar oleh tujuh puluh ribu Malaikat dengan alunan tasbih. Isinya berkisar tentang Kekuasaan Allah menghidupkan, mematikan dan membangkitkan manusia, keniscayaan hari Kiamat, hal-hal yang diharamkan, serta kecaman terhadap kaum yang mengharamkan daging binatang yang halal. Di dalam surat ini terkandung 13 ayat yang dimansukh hukumnya.
  2. Surat Al-A'raf. Adalah surat yang turun sebelum Nabi saw. berhijrah ke Madinah, penamaan al-A'raf sudah dikenal sejak jaman Nabi saw. Kandungan surat ini merupakan rincian yang telah diuraikan pokoknya pada surat al-An'am, khususnya menyangkut kisah beberapa nabi, terkadang ada yang menyebut dengan Alif Lam Shad, karena ia merupakan ayat pertamanya. Di dalam surat ini ada 2 ayat yang dimansukh hukumnya.
  3. Surat Al-Anfal. Mayoritas ulama berpendapat bahwa seluruh ayat-ayatnya turun setelah Nabi saw. berhijrah. Nama al-Anfal (harta rampasan perang) telah dikenal sejak masa Nabi. Nama lain dari surat ini adalah al-Badr. Nama ini disebut oleh Ibnu Abbas r.a. ketika menguraikan ayat-ayatnya, ia juga dinamakan surat al-jihad karena banyak ayat-ayatnya yang menguraikan tentang jihad. Tema surat ini adalah perintah berserah diri dan taat kepada Allah dan Rasul-nya semata dan mengembalikan segala kekuatan kepada Allah, termasuk juga dalam membagi-bagi harta rampasan perang. Di dalam surat ini terdapat 6 ayat yang dimansukh hukumnya.
  4. Surat At-Taubah. Surat ini turun di Madinah, selain beberapa ayat yang dikecualikan, antara lain ayat 113, atau ada juga yang mengatakan ayat 128 dan 129. Ulama sepakat bahwa surat ini merupakan surat terakhir yang diterima Nabi saw. Ia turun sesudah turunnya surat al-Fath (urutan ke-110 mushaf). Tentang tidak adanya kata "BIsmillah" pada permulaan surat ini, ada beberapa pendapat: Pertama, kebiasaan masyarakat Arab yang tidak menyebut bismillah bila membatalkan perjanjian, kedua: bahwa basmallah itu mengandung curahan rahmat Allah sedang surat ini berbicara tentang pemutusan hubungan Allah dan Rasul-Nya terhadap kaum musyrikin, ketiga: para sahabat bingung apakah ia merupakan satu surat tersendiri aatau bagian dari surat Al-Anfal, maka mereka menulisnya tanpa basmallah (Riwayat Utsman bin Affan). Di dalam surat ini ada 7 ayat yang dimansukh.
  5. Surat Yunus. Surat ini merupakan wahyu ke-51 dari urutan surat-surat al-Qur'an yang diterima Rasul saw. Ia turun sesudah surat al-Isra' dan sebelum Hud. Dinamakan surat Yunus karena kisah kaum nabi tersebut disebut di sini, apalagi kaum Nabi Yunus a.s. mempunyai perbedaan dengan umat nabi-nabi sebelumnya yang ketika diancam pun tetap membangkang, sebaliknya umat Nabi Yunus a.s. memanfaatkan peringatan Allah dan menyadari kesalahan-kesalahannya. Surat ini termasuk kelompok Makiyah, ada 4 ayat yang dimansukh di dalamnya.
  6. Surat Hud. Surat ini merupakan surat ke-51 dari segi tertib turunnya. Ia turun sesudah surat Yunus dan sebelum surat Yusuf. Dinamakan Hud karena di dalamnya terulang nama Nabi Hud a.s. sebanyak lima kali. dan uraian menyangkut kisah beliau merupakan uraian terpanjang bila dibandingkan dengan uraaian tentang beliau di surah-surah lain. Tema surat ini adalah tentang kedudukan, keistimewaan serta tantangan al-Qur'an, larangan mempersekutukan Allah swt, dan bahwa Nabi Muhammad saw. adalah rasul yang bertugas menyampaikan berita gembira dan peringatan, khususnya menyangkut hari kebangkitan. Termasuk surat Makkiyah dan ada tiga ayat yang dimansukh di dalamnya.
  7. Surat Ar-Ra'du. Dinamakan ar-ra'd (guruh) karena salah satu ayatnya berbicara tentang ra'd. Tema utama surat ini adalah uraian tentang kebenaran al-Qur'an bahwa ia adalah bukti kebenaran dan risalah Nabi Muhammad saw. Tuduhan yang tidak beralasan dari kaum musyrikin tidaklah pada tempatnya dihiraukan, bahkan tidak pada tempatnya diucapkan. Surat ini termasuk kelompok Makiyyah, dan di dalamnya terdapat dua ayat yang dimansukh, salah satu diantaranya telah disepakati, bahwa ayat itu dimansukh, sedangkan yang lainnya masih diperselisihkan ke-mansukh-annya. Yang kami tampilkan mendatang adalah yang telah disepakati saja, wallaahu a'lam.
  8. Surat Al-Hijr. Surat Makiyyah yang berisi 99 ayat ini,  hanya mempunyai satu nama. Nama Al-Hijr diambil dari wilayah pemukiman kaum Tsamud yang dikenal dengan nama Mada'in Shalih yang terletak pad jalur Khaibar menuju Tabuk di Saudi Arabia. Tema surat ini menggambarkan ketinggian kitab Al-Qur'an dengan gamblang menjelaskan kebenaran. Di dalam surat ini ada 5 ayat yang dimansukh.





[6] AL-AN'AM (13 AYAT).
1 قُلۡ إِنِّىٓ أَخَافُ إِنۡ عَصَيۡتُ رَبِّى عَذَابَ يَوۡمٍ عَظِيمٍ۬  لِّيَغۡفِرَ لَكَ ٱللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنۢبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ
Katakanlah: "Sesungguhnya aku takut akan a-
zab hari yang besar [hari kiamat], jika
 aku mendurhakai Tuhanku
." (Q.S. Al-
An'am: 15).
supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang (Q.S. Al-Fath: 2).
2&3 وَإِذَا رَأَيۡتَ ٱلَّذِينَ يَخُوضُونَ فِىٓ ءَايَـٰتِنَا فَأَعۡرِضۡ  عَنۡہُمۡ  فَلَا تَقۡعُدُواْ مَعَهُمۡ حَتَّىٰ يَخُوضُواْ فِى حَدِيثٍ غَيۡرِهِۦۤ‌ۚ 
Dan apabila kamu melihat orang-
orang memperolok-olokkan ayat-
ayat Kami, maka tinggalkanlah 
mereka (Q.S. Al-Ma'idah: 68).
maka janganlah kamu duduk beserta mereka, sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain. (Q.S. An-Nisa: 140).
وَمَا عَلَى ٱلَّذِينَ يَتَّقُونَ مِنۡ حِسَابِهِم مِّن شَىۡءٍ۬
Dan tidak ada pertanggungjawaban sedi
kitpun atas orang-orang yang bertakwa 
terhadap dosa  mereka;
 (Q.S. Al-Ma'idah: 69).
4 وَذَرِ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُواْ دِينَہُمۡ لَعِبً۬ا وَلَهۡوً۬ا  قَـٰتِلُواْ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَلَا بِٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ
Dan tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda-gurau (Q.S. Al-An'am: 70). Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak [pula] kepada hari kemudian (Q.S. At-Taubah: 29).
Yang dimaksud adalah orang-orang Ya
hudi dan  Nasrani
5 مۡ‌ۖ قُلِ ٱللَّهُ‌ۖ ثُمَّ ذَرۡهُمۡ فِى خَوۡضِہِمۡ يَلۡعَبُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
kemudian [sesudah kamu menyampaikan Al Qur’an kepada mereka], biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya. (Q.S. Al-An'am: 91) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
6 فَمَنۡ أَبۡصَرَ فَلِنَفۡسِهِۦ‌ۖ وَمَنۡ عَمِىَ فَعَلَيۡهَا‌ۚ وَمَآ أَنَا۟ عَلَيۡكُم بِحَفِيظٍ۬ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
maka Barangsiapa melihat [kebenaran itu], maka [manfa’atnya] bagi dirinya sendiri; dan barangsiapa buta [tidak melihat kebenaran itu], maka kemudharatannya kembali kepadanya. Dan aku [Muhammad] sekali-kali bukanlah pemelihara [mu]. (Q.S. Al-An'am: 104) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
7 وَأَعۡرِضۡ عَنِ ٱلۡمُشۡرِكِينَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
dan berpalinglah dari orang-orang musyrik. (Q.S. Al-An'am: 106) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
8 وَمَا جَعَلۡنَـٰكَ عَلَيۡهِمۡ حَفِيظً۬ا‌ۖ وَمَآ أَنتَ عَلَيۡہِم بِوَكِيلٍ۬ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan Kami tidak menjadikan kamu pemelihara bagi mereka; dan kamu sekali-kali bukanlah pemelihara bagi mereka. (Q.S. Al-An'am: 107) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
9 وَلَا تَسُبُّواْ ٱلَّذِينَ يَدۡعُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ فَيَسُبُّواْ ٱللَّهَ عَدۡوَۢا بِغَيۡرِ عِلۡمٍ۬‌ۗ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. (Q.S. Al-An'am: 108). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
10 فَذَرۡهُمۡ وَمَا يَفۡتَرُونَ 
maka tinggalkanlah mereka dan apa yang
 mereka  ada-adakan. (Q.S. Al-An'am: 112)
11 وَلَا تَأۡڪُلُواْ مِمَّا لَمۡ يُذۡكَرِ ٱسۡمُ ٱللَّهِ عَلَيۡهِ ٱلۡيَوۡمَ أُحِلَّ لَكُمُ ٱلطَّيِّبَـٰتُ‌ۖ وَطَعَامُ ٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡكِتَـٰبَ حِلٌّ۬ لَّكُمۡ 
Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya... (Q.S. Al-An'am: 121). Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan [sembelihan] orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, (Q.S. Al-Ma'idah; 5).
12 قُلۡ يَـٰقَوۡمِ ٱعۡمَلُواْ عَلَىٰ مَكَانَتِڪُمۡ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu (Q.S. Al-An'am: 135). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
13 إِنَّ ٱلَّذِينَ فَرَّقُواْ دِينَہُمۡ وَكَانُواْ شِيَعً۬ا فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agamanya dan mereka [terpecah] menjadi beberapa golongan (Q.S. Al-An'am: 159). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[7]. Al-A'RAF (2 AYAT)
1 وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِىٓ أَسۡمَـٰٓٮِٕهِۦ‌ۚ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
 dan tinggalkanlah orang-orang yang menyim-
pang dari kebenaran dalam [menyebut] nama-nama-Nya].(Q.S. al-A'Raf: 180)
maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 خُذِ ٱلۡعَفۡوَ وَأۡمُرۡ بِٱلۡعُرۡفِ وَأَعۡرِضۡ عَنِ ٱلۡجَـٰهِلِينَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh. (Q.S.al-A'Raf: 199) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
Ayat ini termasuk ayat agak aneh, kare
na permulaannya di mansukh dan demi
kian pula akhirnya,  sedangkan tengah-
tengahnya bersifat muhkam.  Firman-
Nya: "Jadilah engkau pemaaf" maksud
nya, terhadap kelebihan dari harta me
reka. Dan  'Suruhlah orang mengerja
kan yang ma'ruf' bersifat muhkam, dan 
mengenai penafsirannya sudah tidak a
sing lagi. Sedangkan firman-Nya:
 "Berpalinglah dari orang-orang bodoh",
 dimansukh oleh Ayatus-Saif.
[8]. Al-ANFAL (6 AYAT)
1 يَسۡـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلۡأَنفَالِ‌ۖ قُلِ ٱلۡأَنفَالُ ..... وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّمَا غَنِمۡتُم مِّن شَىۡءٍ۬ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ
Mereka menanyakan kepadamu tentang [pembagian] harta rampasan perang. (Q.S. Al-Anfal: 1). Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang , maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, ...(Q.S. Al-Anfal: 41).
2 وَمَا ڪَانَ ٱللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمۡ وَأَنتَ فِيہِمۡ‌ۚ  وَمَا لَهُمۡ أَلَّا يُعَذِّبَہُمُ ٱللَّهُ ...
Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka... (Q.S. Al-Anfal: 33). Kenapa Allah tidak mengazab mereka ... (Q.S. Al-Anfal: 34).
3 قُل لِّلَّذِينَ ڪَفَرُوٓاْ إِن يَنتَهُواْ يُغۡفَرۡ لَهُم مَّا قَدۡ سَلَفَ وَقَـٰتِلُوهُمۡ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتۡنَةٌ۬ ...
Katakanlah kepada orang-orang yang kafir itu:  "Jika mereka berhenti [dari kekafirannya], nis
caya Allah akan mengampuni mereka tentang dosa-dosa mereka yang sudah lalu;
(Q.S. Al-Anfal: 38)
Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah ... (Q.S. Al-Anfal 39)
4 وَإِن جَنَحُواْ لِلسَّلۡمِ فَٱجۡنَحۡ لَهَا...  قَـٰتِلُواْ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَلَا بِٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ
Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya ... (Q.S. Al-Anfal: 61). Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak [pula] kepada hari kemudian (Q.S. At-Taubah: 29).
5
... إِن يَكُن مِّنكُمۡ عِشۡرُونَ صَـٰبِرُونَ يَغۡلِبُواْ مِاْئَتَيۡنِ‌ۚ
ٱلۡـَٔـٰنَ خَفَّفَ ٱللَّهُ عَنكُمۡ وَعَلِمَ أَنَّ فِيكُمۡ ضَعۡفً۬ا‌ۚ
Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh.... (Q.S. Al-Anfal: 65). Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan.... (Q.S. Al-Anfal: 66).
6 وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمۡ يُہَاجِرُواْ مَا لَكُم مِّن وَلَـٰيَتِہِم مِّن شَىۡءٍ حَتَّىٰ يُہَاجِرُواْ‌ۚ  ... وَأُوْلُواْ ٱلۡأَرۡحَامِ بَعۡضُہُمۡ أَوۡلَىٰ بِبَعۡضٍ۬ فِى كِتَـٰبِ ٱللَّهِ‌ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيمُۢ 
Dan [terhadap] orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. ... (Q.S. Al-Anfal: 72). Orang-orang yang mempunyai hubungan itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya [daripada yang kerabat] [3] di dalam kitab Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Anfal: 75)
[9] AT-TAUBAH   (7 AYAT)
1&2 بَرَآءَةٌ۬ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۤ ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
[Inilah pernyataan] pemutusan perhubung-
an daripada Allah dan Rasul-Nya ...(Q.S. At-Tau-
bah: 1).
maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
Sampai dengan firman-Nya: Akan tetapi menurut yang lain bahwa, ayat ini bgian pertamanya di mansukh oleh bagian yang terakhir, yaitu firman-Nya:
فَسِيحُواْ فِى ٱلۡأَرۡضِ أَرۡبَعَةَ أَشۡہُرٍ۬ ....
 ... فَإِن تَابُواْ
Maka berjalanlah kamu [kaum musyrikin] di muka bumi selama empat bulan ... (Q.S. At-Taubah: 2).  Jika mereka bertaubat  ... (Q.S. At-Taubah: 5).
3  وَٱلَّذِينَ يَكۡنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلۡفِضَّةَ  Ayat ini dimansukh oleh ayat yang menerangkan tentang wajib zakat.
 Dan orang-orang yang menyimpan emas dan
perak ...
(Q.S. At-Taubah: 34).
4 إِلَّا تَنفِرُواْ يُعَذِّبۡڪُمۡ عَذَابًا أَلِيمً۬ا وَمَا كَانَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ لِيَنفِرُواْ ڪَآفَّةً۬‌ۚ 
Jika kamu tidak berangkat untuk berperang, niscaya Allah menyiksa kamu dengan siksa yang pedih ... (Q.S. At-Taubah: 39). Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya [ke medan perang]. (Q.S. At-Taubah: 122).
5 عَفَا ٱللَّهُ عَنكَ لِمَ أَذِنتَ لَهُمۡ فَإِذَا ٱسۡتَـٔۡذَنُوكَ لِبَعۡضِ شَأۡنِهِمۡ فَأۡذَن لِّمَن شِئۡتَ مِنۡهُمۡ
Semoga Allah mema’afkanmu. Mengapa kamu memberi izin kepada mereka [untuk tidak pergi berperang], (Q.S. At-Taubah: 43). maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena sesuatu keperluan, berilah izin kepada siapa yang kamu kehendaki di antara mereka, (Q.S. An-Nur: 62).
6 ٱسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ  ... سَوَآءٌ عَلَيۡهِمۡ أَسۡتَغۡفَرۡتَ لَهُمۡ أَمۡ لَمۡ تَسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ
Kamu memohonkan ampun bagi mereka ... (Q.S. At-Taubah: 80). Sama saja bagi mereka, kamu mintakan ampunan atau tidak kamu mintakan ampunan bagi mereka, ... (Q.S. Al-Munafiqun: 6).
[10] SURAT YUNUS (4 AYAT).
1  إِنِّىٓ أَخَافُ إِنۡ عَصَيۡتُ رَبِّى عَذَابَ يَوۡمٍ عَظِيمٍ۬  لِّيَغۡفِرَ لَكَ ٱللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنۢبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ ....
Sesungguhnya aku takut jika mendurhakai Tuhanku kepada siksa hari yang besar [kiamat]". (Q.S. Yunus: 15). supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang ... (Q.S. Al-Fath: 2).
2  قُلۡ فَٱنتَظِرُوٓاْ إِنِّى مَعَكُم مِّنَ ٱلۡمُنتَظِرِينَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
"Maka tunggulah, sesungguhnya akupun termasuk orang-orang yang menunggu bersama kamu". (Q.S. Yunus: 102) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3 وَإِن كَذَّبُوكَ فَقُل لِّى عَمَلِى وَلَكُمۡ عَمَلُكُمۡ‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu.... (Q.S. Yunus: 41). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
4  فَمَنِ ٱهۡتَدَىٰ فَإِنَّمَا يَہۡتَدِى لِنَفۡسِهِۦ‌ۖ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
sebab itu barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya [petunjuk itu] untuk kebaikan dirinya sendiri (Q.S. Yunus: 108). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).



[13] AR-RA'DU (2 AYAT)
1 فَإِنَّمَا عَلَيۡكَ ٱلۡبَلَـٰغُ وَعَلَيۡنَا ٱلۡحِسَابُ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
karena sesungguhnya tugasmu hanya menyampaikan saja, sedang Kami-lah yang menghisab amalan mereka. (Q.S.Ar-Ra'du: 40) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 وَإِنَّ رَبَّكَ لَذُو مَغۡفِرَةٍ۬ لِّلنَّاسِ عَلَىٰ ظُلۡمِهِمۡ‌ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغۡفِرُ أَن يُشۡرَكَ بِهِۦ .....
Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mempunyai ampunan [yang luas] bagi manusia sekalipun mereka zalim, ... (Q.S. Ar-Ra'du: 6). Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, ... (Q.S. An-Nisa: 48).
[15] AL-HIJR (5 AYAT).
1
ذَرۡهُمۡ يَأۡڪُلُواْ وَيَتَمَتَّعُواْ وَيُلۡهِهِمُ ٱلۡأَمَلُ‌ۖ ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Biarkanlah mereka [di dunia ini] makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan [kosong],.... (Q.S. Al-Hijr: 3). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2  فَٱصۡفَحِ ٱلصَّفۡحَ ٱلۡجَمِيلَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
maka ma’afkanlah [mereka] dengan cara yang baik. (Q.S. Al-Hijr: 85) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3 لَا تَمُدَّنَّ عَيۡنَيۡكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعۡنَا بِهِۦۤ أَزۡوَٲجً۬ا مِّنۡهُمۡ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Janganlah sekali-kali kamu menujukan pandanganmu kepada keni’matan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka [orang-orang kafir itu], (Q.S. Al-Hijr: 88). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
4 وَقُلۡ إِنِّىٓ أَنَا ٱلنَّذِيرُ ٱلۡمُبِينُ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan katakanlah: "Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan". (Q.S. Al-Hijr: 89) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
Separoh ayat ini muhkam, dan separohnya di
mansukh oleh Ayatus-Saif (at-Taubah: 5).
5 فَٱصۡدَعۡ بِمَا تُؤۡمَرُ وَأَعۡرِضۡ عَنِ ٱلۡمُشۡرِكِينَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan [kepadamu] dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik. (Q.S. Al-Hijr: 94).

maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
Terselip...
[11] HUD (3 AYAT)
1 مَن كَانَ يُرِيدُ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا وَزِينَتَہَا ... مَّن كَانَ يُرِيدُ ٱلۡعَاجِلَةَ عَجَّلۡنَا لَهُ ۥ فِيهَا مَا نَشَآءُ لِمَن نُّرِيدُ ...
Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, ... (Q.S. Hud: 15). Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang [duniawi], maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki ... (Q.S. Al-Isra': 18).
2 وَقُل لِّلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ ٱعۡمَلُواْ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمۡ إِنَّا عَـٰمِلُونَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman: "Berbuatlah menurut kemampuanmu; sesungguhnya kami-pun berbuat [pula]." (Q.S. Hud: 121) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3 وَٱنتَظِرُوٓاْ إِنَّا مُنتَظِرُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan tunggulah [akibat perbuatanmu]; sesungguhnya kamipun menunggu [pula]." (Q.S. Hud: 122) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
                              ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                               
 “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 
Sumber:
Tafsir Jalalian jilid 4, Jalaluddin Al-Mahally dan jalaluddin As-Suyuthi, Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar