Rabu, 14 Mei 2014

Mu'awiyah bin Abu Sofyan, Pendiri Bani Umayyah, Pencetus Armada laut Muslim

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Muawiyah dilahirkan pada tahun 602 Masehi di dalam suku Bani Abd Shams yang mana banyak di antara mereka menentang Nabi Muhammad saw di Makkah . Mereka ini terus menentang Rasulullah s.a.w. sampai hijrah nabi ke Madinah . Bapak Muawiyah yakni Abu Sufyan bin Harb adalah salah seorang yang benci akan Rasulullah saw Namun sebelum Futuh Makkah , ia dan istrinya telah masuk Islam . begitu juga dengan hambanya yang bernama Wahsyi yang membunuh  Hamzah . Di sini menunjukkan betapa baginda Rasulullah seorang yang sangat pemaaf dan tidak mendendam . Baginda suci - sesucinya dari sifat jahat dan kepentingan baginda nabi yang maksum . Saudara perempuannya Ummu Habibah Ramlah adalah salah seorang istri Rasulullah
Muawiyah menjadi seorang Muslim sejak sebelum peristiwa penaklukan kota Makkah tetapi menyembunyikan status Islamnya dari pengetahuan ayahnya . Khalifah Muawiyah banyak diingat karena jasanya di Suriah . Dia juga terlibat dalam serangan terhadap tentara Bizantium di Suriah .

1. Kelebihan Mu'awiyah

Amirul Mukiminin Umar bin Khattab, mengetahui kecerdasan dan kecekatan Muawiyah sebagai pejuang. Hal itu dibuktikan Muawiyah dengan kemampuannya menghadapi Romawi di Syam. Di zaman Umar ra, Muawiyah pernah menjadi gubernur di Yordania. Kemudian ia diangkat menjadi gubernur Syam di Damsyik, menggantikan kakaknya, Yazid, yang wafat karena wabah kolera. Namun idenya untuk membentuk armada laut Islam buat mengimbangi kekuatan laut Romawi, ditolak karena Umar r.a. khawatir akan keselamatan pasukan muslim dan kebutuhannya belum terlalu mendesak. Baru di masa Khalifah Usman r.a., rencana itu diwujudkan dan ternyata dugaan Muawiyah benar, kemampuan prajurit Islam di laut tak kalah dengan kehebatan mereka di daratan.

2. Menjadi Khalifah

  • Sesudah Ali bin Abi Thalib terpilih menjadi khalifah, Muawiyah tak mau mengakuinya. Bahkan ia keras sekali melawan Ali. Apapun alasannya, seharusnya sikapnya tak perlu sejauh itu. Ia sempat terdesak habis dalam pertempuran, namun diselamatkan oleh proses perdamaian yang secara tak jujur dimenangkan pihak Muawiyah.
  • Setelah menjadi khalifah , Muawiyah mengembangkan kekaisaran Islam dari Mesir di barat sampai Iran di timur . Khalifah Muawiyah juga menunjuk banyak mantan pejabat Bizantium ( Romawi Timur ) sebagai pegawai di daerah baru jajahan Islam . Hal ini menjadi populer dan terkenal di Suriah .
  • Muawiyah terkenal dengan usahanya memperindah Damaskus , ibu kota Kerajaan Bani Umayyah . Dia juga pernah melakukan serangan ke atas Konstantinopel , ibukota Bizantium meskipun gagal menaklukkan kota tersebut . Kebanyakan orang Islam memuji tindakan Muawiyah yang mengembangkan kekaisaran Islam dengan begitu luas sehingga mampu mengugat Konstantinopel .
  • Golongan Syiah pula percaya semua tindakan Muawiyah adalah pemberontakan dan percaya bahwa Muawiyah harus menyerah diri kepada Ali saja . Muawiyah juga terkenal dengan pemerintahan sistem Monarki ketika Muawiyah menunjuk anaknya Yazid I menjadi khalifah lalu melanggar perjanjian dan janji beliau bukan dari sistem Syura .
  • Muawiyah adalah khalifah muslim pertama yang menurunkan kekuasaannya kepada anaknya. Inilah yang menakhiri masa khulafaur-rasyidin yang menurunkan kekuasaan kepada orang yang dipilih Kaum Muslimin secara demokratis. Alam perkembangan selanjutnya, Dinasti Umayyah menjadi dinasti muslim terbesar pertama yang memerintahkan selama 150 tahun. 
  • Muawiyah mangkat pada 6 Mei , 680 . Dia digantikan oleh anaknya Yazid I.
Catatan sejarah:
  • Seandainya Muawiyah tidak berperang melawan Ali bin Abi Thalib yang sah menjadi khalifah, maka tak ada ragu lagi orang akan menganggapnya sebagai sahabat besar Rasulullah Saw. 
  • Seandainya Muawiyah tidak menghamburkan uang negara untuk membayar orang agar berpihak kepadanya, maka ia akan dianggap sebagai sahabat utama Rasulullah Saw. 
  • Namun apalah hak kita, muslim yang hidup belakangan, untuk menilai Muawiyah, mujahid pencetus angkatan laut pertama Islam yang juga sangat mencintai Rasulullah itu? Kita hanya bisa mengambil pelajaran dari kehidupannya tanpa berhak menilainya. Itulah fakta sejarah, mungkin sudah menjadi kehendak Allah. Allaahu a'alam.
Sebarkan !! Semoga bermanfaat.
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                                “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Dirangkum dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar