Senin, 24 Juni 2013

Tutorial Cara Membuat Blog/Website Baru

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Blog pada dasarnya disebut sebagai Web Blog yang merupakan salah satu aplikasi web yang mana postingan atau artikel yang diposting di dalam blog sering sekali berurutan, yaitu dari tulisan terbaru hingga tulisan yang paling lama.
Membuat blog itu sebenarnya tidak terlalu susah, yang terpenting sobat cermat dalam langkah-langkah awalnya. dan mengenai cara membuat blog gratisan ada banyak layanan yang menyediakan blog gratis, beberapa diantaranya yang paling sering dipakai adalah:
- Blogger.com
- WordPress.com
- Blogdetik.com
- Blog-roll.info
- Wordblog.pl
- dan masih banyak lagi.
Namun kali ini saya akan menerangkan bagaimana Cara membuat blog gratis secara cepat dan mudah. yaitu kita memakai layanan Blogspot di blogger.com.Untuk para senior sebaiknya abaikan saja artikel ini, karena ini mungkin tidak menambah ilmu baru bagi anda.
Mari kita mulai, let's go .

1. Login ke internet

2. Ketik www.blogger.com lalu klik.
3. Mengisi alamat e-mail dan kata sandi lalu klik masuk (kalau belum punya e-mail silakan sekalian bikin, jangan lupa dicatat nama e-mail dan alamatnya- takut lupa, namanya baru).

4. Ketik Judul blog
(Judul blog nantinya akan ditampilkan di setiap halaman blog anda, carilah judul yang berhubungan dengan isi/materi artikel anda.)
5. Ketik alamat blog
    (jika alamat yang anda tuliskan sudah ada yang punya, ganti dengan alamat lain sampai diterima - bikinlah nama yang unik/menarik/mudah diingat dan berhubungan dengan konten blog anda nanti).
6. Pilih salah satu template, klik buat blog

Blog anda sudah jadi
 langkah selanjutnya:

7. klik mulai mengeposkan (lingkaran tanda panah).


Gambar di samping adalah tampilan layar postingan, tempat anda akan mengetik /copy paste artikel.

Layar Postingan sisi kiri (diper-besar):

Penjelasan tanda panah:
1. Judul pos (artikel)
2. Posisi tampilan normal.
3. HTML tampilan bahasa HTML/ utk memasukkan skrip secaram manual.
4. Undo (batal). 5. Redo 
6. Jenis Huruf.  7. Ukuran huruf.
8. Besaran huruf kepala postingan.
9. Huruf tebal. 10. Huruf miring.
11. Huruf bergaris bawah.
12. Huruf bergaris tengah. 13. Warna huruf. 14. Warna blok huruf. 15. Tautan ke alamat lain. 16. Impor foto dan gambar. 17. Impor video. dll. sampai no. 28 rasanya sudah pada bisa sendiri.

Layar postingan sisi kanan (diperbesaar)

29. Melihat tampilan real sebelum dipublikasikan. 30.Menutup halaman.
31. Mengelompokkan jenis artikel.
Misal: jenis shalat, zakat, kesehatan, dll.
32. Jadwal: menyiapkan kapan postingan akan dipublikasikan.
33. Link: tautan  judul postingan anda, ada 2 model link, yaitu :
1.otomatis: judul postingan tertulis otomatis, tapi jika terlalu panjang, judul akan terpotong.
2.Khusus : Jika judul anda panjang, lebih baik pakai link ini, caranya ketik judul atau copy paste, spasi yang kosong di isi tanda  ( . ) atau ( - ).
34. Lokasi di mana anda membuat postingan, 1.kotak pertama tulis"Indonesia" lalu klik telusuri, 2.tulis kota anda di depan nama "Indonesia", pada kotak kedua di bawah. 35. Deskripsi: penjelasan singkat mengenai isi artikel anda.
Cukup sekian dulu postingan kali ini, untuk selanjutnya anda bisa mengerjakannya sendiri. selamat nge-blog.

Tips Untuk Blogger Pemula

1. Pilih Tema Blog Yang Dikuasai
Kenapa saya menaruh ini pada urutan yang paling pertama dari cara memulai blog dengan benar? Karena internet adalah tempat yang dikunjungi oleh banyak orang untuk mencari informasi. Akankah saudara menyukai blog yang isinya cuma basa-basi tidak bermutu dengan pembahasan yang dangkal dan tidak memuaskan apa yang anda cari?
Saya sering sekali menemukan blog-blog tidak bermutu seperti itu dan dengan segera menutupnya. Adalah sesuatu yang sangat buruk bila pengunjung dengan cepat menutup halaman blog kita. Kenapa? Karena search engine yang merekomendasikan blog kita akan melihat itu sebagai indikator rendahnya kualitas isi blog.
Jika search engine besar seperti Google sudah membenci blog kita, maka jangan berharap blog kita bakalan ramai. Untuk menghindari hal semacam ini, maka kita harus mampu menulis artikel yang bermanfaat bagi pengunjung. Dan untuk mampu menulis artikel yang bermanfaat, maka anda harus menguasai topik dari artikel tersebut. 
Kesalahan yang umum terjadi: Blogger pemula hendak memulai sebuah blog baru dengan topik yang dirasanya paling menguntungkan dan mahal (motifasinya mencari duit) padahal dia tidak menguasai topik itu, tidak juga menguasai SEO dan hal-hal lain yang diperlukan. Maka jadilah blognya seperti anak bayi yang memasuki arena gladiator, tewas sebelum sempat menangis. Jangankan masuk 10 halaman pertama (100 hasil pencarian teratas),....blognya terindex saja tidak.
2. Domain Gratisan atau Berbayar?
Domain berbayar lebih mudah menguasai kata kunci dibandingkan domain blog gratisan seperti blogspot.com.  Kenapa demikian? Sepertinya Google mencoba menghidangkan referensi dari berbagai domain. Jika sudah ada blog dengan domain blogspot.com yang menempati halaman pertama, maka biasanya akan sangat sulit bagi blogspot.com lainnya untuk ikut memposisikan diri pada halaman pertama. 
Jika saudara tidak cukup yakin dengan kemampuan optimasi SEO saudara, ataupun saudara ingin mengikuti kontes SEO, maka rasanya peluang akan lebih baik jika memakai domain sendiri. Jadi sebelum memulai blog saudara, pikirkan masalah ini baik-baik sebelum terlanjur membangun reputasi untuk subdomain gratis anda saat ini.
Sebagai informasi buat saudara yang baru memulai kegiatan bloggingnya, biaya domain premium adalah Rp.100.000/tahun untuk domain internasional seperti .com, .net dsb. 
3. Lakukan Riset Kata Kunci!
Sekarang anda sudah menentukan tema. Tapi jika anda ingin blog anda ditemukan oleh banyak orang melalui mesin pencari, maka anda harus melakukan riset kata kunci apa saja yang akan anda tekankan dari blog tersebut. Oleh karena itu lakukan 3 riset berikut:
Kata kunci apa saja yang banyak dicari orang sekaitan dengan tema tersebut?
Kata kunci apa saja yang mempunyai profit besar (jika anda bermain adsense)?
Bagaimana persaingan untuk kata kunci tersebut? 
Adalah sebuah keberuntungan jika kita bisa menemukan kata kunci yang banyak dicari orang tetapi kompetisinya tidak seberapa. Oh iya, perlu anda ingat bahwa kata kunci yang akan diriset adalah kata kunci yang terdiri dari 5 kata atau lebih. Misalnya "Reparasi Alat Elektronik Kota Malang". Kenapa harus 5 kata atau lebih? Karena yang 4 kata atau kurang itu jatahnya website  bereputasi dan berumur 2-5 tahun. Kecuali anda mau menghabiskan waktu, uang dan tenaga, maka silahkan saja. Dalam dunia online memang ada senioritas. Jadi mari mempelajari bagaimana memilih kata kunci yang tepat.
4. Nama Domain Yang Bergaya Atau Bermanfaat?
Sebaiknya berhati-hatilah memilih nama domain. Apalagi jika saudara sudah membayar untuk domain itu. Kenapa demikian? Karena nama domain bisa sangat membantu blog saudara untuk bercokol di halaman pertama dari kata kunci yang dipilih. 
Jangan memilih nama domain tidak jelas seperti kampret.com hanya karena ingin meniru Google.com atau Yahoo.com. Google dan Yahoo memilih domain tersebut dengan alasan trademark dan bukan dengan tujuan agar mudah terindeks. 
Jadi jika saudara memilih domain dengan alasan "trademark", maka sebelumnya persiapkan dulu dana yang besar untuk mempromosikan merek saudara. Harap untuk tidak membuang-buang uang anda untuk nama domain yang tidak menolong sama sekali. 
Sebagai contoh, jika saudara membuat blog ramuan tradisional, maka sedapat mungkin pilihlah nama domain ramuantradisional.com. Ini akan jauh lebih menguntungkan daripada menggunakan merek kita sebagai domain. 
5. Menulis Postingan
6. Mencari Sesuatu ( Inspirasi )
7. Target ( Rangking & Pengunjung )
8 Sosialisasi ( Promosi )
9. Desain & SEO
10. Belajar
Awali buat belajar hal-hal dasar tentang kode HTML, karena kode HTML merupakan elemen dasar sebuah blog terutama di Blogger. 
Belajar juga hal-hal dasar tentang SEO lalu secara bertahap lalu coba praktekan. Karena SEO itu harus dipraktekan buat ngetahui berhasil apa gak gan. juga harus belajar dari blogger laen. Jangan pernah malu buat bertanya, kalau emang gak enak nanya lewat kotak komentar  bisa email yang punya blog. Semakin banyak belajar semakin bertambah kemampuan yang dimiliki .
Hindari pakai widget yang berlebihan, selain bikin berat blog juga bikin tampilan blog gak karuan.
Memoneytize blog, jangan terlalu banyak pasang banner iklan kalau bisa gak perlu pasang iklan dulu. Biarin blog umurnya agak lama dan pengunjungnya mulai rame baru pasang iklan gan. Sederhana aja, blog yang baru tentu gak punya nilai jual yang tinggi kalau di banding blog yg umurnya udah lama. Kalau mau dapet duit dari iklan harus sabar gan.
Tukeran link sama blog yang gak relevan, biasanya pemula seneng banget tukeran link dan ngerasa bangga kalau punya banyak link dari blog laen ya kan gan? Hati-hati ini bisa melanggar aturan dari Google, kedepannya anda pasti bakal ngerti sendiri.
Mudah-mudahan bermanfaat.
Sumber:
http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/02/bagaimana-cara-memulai-blog-dengan.html
http://www.seociyus.com/2013/03/tips-memulai-blogging-untuk-pemula.html

1 komentar: