Selasa, 11 Juni 2013

Cara Memblokir Iklan Vulgar di Layar Fb Kita

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Facebook sebagai salah satu jejaring sosial sudah sangat begitu populer digunakan oleh

jutaan orang. Lewat fb, banyak hal baru yang bisa dilakukan, baik yang bermanfaat maupun mudharat. Harus diakui banyak hal-hal baik dan jalan menuju kebaikan bagi orang yang memang berniat baik lewat fb ini, tapi di sini juga ada tawaran, pilihan dan kesempatan "buruk" bagi yang tidak berhati-hati. Contohnya adalah gelontoran iklan/banner yang "mejeng" di sisi kanan wall fb kita; sebagian dari konten dan gambar iklannya menampilkan gambar-gambar dengan kategori merangsang. Gambar-gambar seperti ini mudah membangkitkan rasa penasaran ingin tahu lebih dalam, sehingga tanpa sadar kita terus masuk sampai jauh. Bagaimanakah jadinya kalau gambar-gambar itu juga dinikmati oleh anak-kita yang belum cukup dewasa ? Gambar-gambar iklan di fb tidak pandang bulu. Ia bisa tampil di layar orang dewasa, anak-anak, atau bahkan di grup da'wah sekalipun.

Tapi ada kabar gembira, bahwa iklan gambar-gambar itu sekarang bisa diblokir agar tidak mengunjungi layar fb kita. Caranya ?

                          Caranya mudah :
Anda dapat mengintsall program blokir langsung dari halaman ini, tetapi dapat juga meng-copy dan mem-paste-kannya di kotak pencarian (search box)  halaman fb anda.

Untuk pengguna firefox, install pluginnya lewat link ini:


Untuk pengguna google chrome, install lewat link ini:




Semoga tutorial ini berguna bagi semua pengguna facebook dan keluargnanya, minimal dalam hal menghindari atau mencegah zina mata

amin, amin, amin, ya rabbal 'alamin.


Pengertian Iklan

Dalam dunia bisnis, media iklan sering digunakan para produsen untuk memasarkan produknya. Pengertian dari iklan sendiri adalah “Semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, dan jasa secara non personal yang dibiayai oleh sponsor tertentu". Salah satu media iklan yang umum digunakan oleh produsen dalam memasarkan produknya adalah melalui media iklan di televisi. 
Media iklan di televisi dipilih karena merupakan salah satu media iklan yang paling efektif dalam menyampaikan pesan kepada para calon konsumen potensial. Namun sayangnya, saat ini tidak semua iklan di televisi dapat dikatakan baik. Ada beberapa tayangan iklan ditelevisi yang kurang baik, sebab iklan tersebut kurang memikirkan unsur etika dalam tayangan iklannya. 
Bukannya munafik, wanita cantik dan seksi masih diyakini mampu meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan. Pada perkembangannya sekarang iklan sudah merambah dunia maya yang mempunyai keunggulan dalam akses secara online. Maka lihatlah di semua browser server dan media sosial bertaburan aneka iklan dengan aneka kemeriahannya. Seperti di Google, Yahoo, Bing, Mozilla, facebook, twitter, bahkan sudah sampai "mangkal" di blog-blog pribadi, dan lain-lain. Tentunya dari sederetan iklan itu, ada yang baik, mendidik, informatif; tetapi ada juga yang merusak, menggerus susila, hingga ada yang bermotif menipu/menjebak.

Strategi Sebuah Iklan dan Hasilnya

Iklan bagaimanapun sangat penting dan berpengaruh dalam menentukan  posisi sebuah produk  (barang dan Jasa). Iklan sepertinya menyerupai “roh” bagi sebuah produk. Begitu pentingnya periklanan bagi sebuah produk, bahkan ada yang menyebut tanpa Iklan sebuah produk akan sulit bersaing dan memposisikan dirinya dalam ‘belantara’ persaingan regional apalagi global. Iklan yang hebat tentu harus juga ada dukungan  deferensiasi produknya  cukup  dan jaringan distribusi yang  handal  dipasaran.
Oleh karena menyadari hal ini begitu strategisnya, berlomba-lombalah peyedia atau pembuat Iklan dengan tema-tema bombastis dan terlalu mengada-ada, akibatnya banyak ditemukan iklan yang kesannya terlalu vulgar dan liar dalam memberi pesan atau edukasi produknya kepada masyarakat.
Iklan yang jelek mampu mengubah produk yang baik menjadi gagal dipasar karena iklan adalah bagian dari komunikasi antara produk dengan konsumennya.  Belum lagi tema dan isi pesan kadang kala sangat menjijikkan (vulgar). Apalagi ditambah dengan peran pemain iklan yang benar-benar amatiran..e do do e… e do do e…
Iklan walau pembuatannya rada-rada sulit, tapi banyak ditemukan cara pembuatannya sangat gambalang dan terlalu sederhana. Rada sulit karena pembuatan iklan itu diawali dengan mengetahui produk apa yang spesifik untuk ditonjolkan, mengetahui segmen apa yang mau dibidik, pembuatan tema cerita pesan, persiapan latihan dan keterlibatan disain grafisnya, lalu kerjasama dengan pembuat Iklan baik cetak apalagi elektronik dan profil orang objek dan subyek yang terdapat dalam tayangan iklan.
Keberhasilan sebuah Iklan kadang-kadang dimulai dari hal-hal yang kecil. Jika saja tema dan pesan yang ingin disampaikan kepada calon konsumen pas, tepat dan menghujam benak pemirsa atau calon pelanggan maka iklan itu pasti akan langsung Top, dan iklan itu langsung berdampak kepada peningkatan ratingnya dan efek yang paling hebat adalah keberhasilan meningkatkan omzet produk dalam iklan tersebut.
Sukses tidaknya produk tergantung kepada Iklan yang tepat. Namun itu belum cukup, harus juga didukung oleh diferensiasi produk itu di pasaran dengan jaringan disribusi yang cukup dan cepat.

Contoh Iklan Sukses (slogan iklan dalam wikipedia)
Memang tiada duanya” Toyota
“The Power of Dreams” Honda
“You’ll think you can” Toyota Avansa
“Be groovy!” (Toyota Yaris)
“Inovasi Tiada Henti” Suzuki Motor
Yamaha Nomor 1 di dunia” Yamaha
“Asal Yamaha, yang lain makin ketinggalan” Yamaha
“Lebih baik naik vesp” Vespa
“Walah ” Vespa
“Connecting People” Nokia
“Committed To You” Telkom
“Next Its What?” Samsung
Milik kita bersama” (Trans TV)
“Oke” (RCTI)
“Makin Indonesia Makin Asyik Aja” (TPI)..Dan lai-lain

Contoh Iklan Gagal
  • Perusahaan pakaian luar Weatherproof menggunakan foto berita sang Presiden di depan Tembok Besar di Badaling, China, untuk papan reklamenya di Times Square, New York, AS, dengan label ”Seorang Pemimpin dalam Gaya”. . Mantelnya tampak akrab sehingga Stollmack mengambil sebuah kaca pembesar dan menemukan logo merek perusahaantersebut.  Reklame atau Iklan itu diturunkan karena tidak masuk dalam standard ASA, dinilai membodohi masyarakat. .
  • Dulu ada Iklan Shampoo dari Unilever di mana ada wanita diikat di kursi malah ditarik karena protes keras kekerasan pada wanita.
  • Ada lagi iklan Electrolux Swedia yang menunjukkan Candi Borobudur yang berantakan setelah dibom pada tahun 1985. Iklan tersebut langsung diprotes dan dilarang.
  • Selain itu iklan untung beliung britama BRI. Ngapain nnggu lama-lama dapat mobil, dianggap mengajari orang untuk tidak akan berkerja keras dan menggantungkan hidup pada nasib.


Contoh Iklan Tidak Mendidik
  • Iklan Simpati Max (dari Telkomsel) di TV, hati saya miris. Pada iklan itu digambarkan seorang wanita muda sedang menelepon sambil membawa alat pemukul dari kayu. Tiba-tiba saja wanita tersebut dengan raut wajah senang dan sambil tertawa, memukul dengan kerasnya sebuah Jam yang masih bagus dengan pemukul kayu yang dia pegang sehingga Jam tersebut pecah.
  • Iklan Kondom JupeIklan kondom yang diperankan artis Julia Perez, dinilai tidak mendidik kaum perempuan khususnya ibu-ibu memahami keluarga berencana (KB). Selain itu, iklan kondom ini dianggap tidak sopan untuk ditayangkan di televisi. “Julia Perez terlalu vulgar dalam iklan ini, dimana gerakan-gerakannya memancing birahi. Iklannya tidak mendidik,” 
  • Iklan Komparasi tarif Hape Seluler  GSM vs CDMA. Contoh Iklan Tidak Mendidik Operator seluler dalam iklan komparasi harga yang beda jenis dan kelompoknya. Tabel komparasi harga yang ditampilkan tidak memberi perbandingan dalam kelompok jenis, jam, waktu dan durasi yang sama antara satu operator dengan operator yang lain. Misal CDMA ‘X’ memberi perdangingan dengan GSM dalam waktu yang berbeda, jarak yang berbeda dan pada jam yang berbeda. Ya jelas lebih murah CDMA..
Sebarkan sekiranya bermanfaat.
Sumber 
Abu Umar Abdillah grup Dakwah Tauhid, telah diedit untuk keselarasan.
http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2010/07/01/iklan-sukses-iklan-gagal-iklan-tidak-mendidik-181784.html
http://www.kaskus.co.id/thread/51ad7db46112438b0f000006/iklan-iklan-vulgar-di-indonesia

4 komentar:

  1. tips yang penting nih, cara memblokir iklan vulgar di fb. Memang fb selalu mengirim iklan tanpa ada sensor. Saya dulunya pakai manual, nah kalau pakai add ons begini lebih enak.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sekiranya postingan tips ini bermanfaat, tks telah berkunjung ke E TA'LIM, salam kembali, jazaakallaahu khaira.

      Hapus
  2. Syukran tipsnya, sangat membantu saya...

    BalasHapus