Selasa, 28 Mei 2013

Mengenali Tanda-Tanda Kiamat Yang Sudah Dekat

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Yaum al-Qiyāmah (Arab: يوم القيامة‎) adalah "Hari Kebangkitan" seluruh umat manusia dari Adam hingga manusia terakhir. Ajaran ini diyakini oleh umat Islam, Kristen dan Yahudi. Al-Qiyāmah juga nama dari salah satu ayat ke 75 di dalam kitab suci Al-Qur'an.
Kalimat kiamat di dalam bahasa Indonesia adalah hari kehancuran dunia, kata ini diserap dari bahasa Arab "Yaum al Qiyamah" , yang arti sebenarnya adalah hari kebangkitan umat. Sedangkan hari kiamat (kehancuran alam semesta beserta isinya) dalam bahasa Arab adalah "As-Saa’ah".
Tentang kapan datangnya hari kiamat tidak ada seorangpun yang mengetahui; baik Malaikat, Nabi maupun Rasul. Masalah ini adalah perkara ghaib dan hanya Allah saja yang mengetahuinya. Sebagaimana yang disebutkan dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits Nabi yang shahih.
  يَسۡـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرۡسَٮٰهَا‌ۖ قُلۡ إِنَّمَا عِلۡمُهَا عِندَ رَبِّى‌ۖ لَا يُجَلِّيہَا لِوَقۡتِہَآ إِلَّا هُوَ‌ۚ ثَقُلَتۡ فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ‌ۚ لَا تَأۡتِيكُمۡ إِلَّا بَغۡتَةً۬‌ۗ يَسۡـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنۡہَا‌ۖ قُلۡ إِنَّمَا عِلۡمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَـٰكِنَّ أَڪۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعۡلَمُونَ
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat [huru-haranya bagi makhluk] yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS.Al-A’raf: 187).
Juga firmannya:
     يَسۡـَٔلُكَ ٱلنَّاسُ عَنِ ٱلسَّاعَةِۖ قُلۡ إِنَّمَا عِلۡمُهَا عِندَ ٱللَّهِۚ وَمَا يُدۡرِيكَ لَعَلَّ ٱلسَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا 
Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah kamu [hai Muhammad], boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya. (QS.Al-Ahzab: 63).
Juga di dalam hadits diceritakan ketika Malaikat Jibril mendatangi Nabi Muhammad saw. kemudian bertanya: "Kabarkan kepadaku, kapan terjadi kiamat?" Kemudian Nabi menjawab: "Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada orang yang bertanya,"
Meskipun waktu terjadinya hari Kiamat tidak ada yang mengetahuinya, akan tetapi Allah memberitahukan kepada Rasul-Nya tentang tanda-tanda Kiamat tersebut, kemudian Rasulullah menyampaikannya kepada ummatnya. Para ulama membagi tanda-tanda tersebut menjadi dua, yakni tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar.

1. Tanda-Tanda Kecil Datangnya Kiamat

Kiamat sugra adalah kiamat kecil. Artinya rusaknya atau musnahnya sebagian alam yang membawa kemusnahan makhluk hidup. contoh kiamat sugra adalah gempa bumi,banjir,gunung meletus,dan bencana alam lainnnya dan kematian seseorang.
Sudah terjadi sejak zaman dahulu dan akan terus terjadi, diantaranya:
  • Wafatnya Nabi Muhammad saw.
  • Munculnya banyak fitnah.
  • Munculnya fitnah dari arah timur (Iraq).
  • Timbulnya firqah Khawarij.
  • Munculnya orang yang mengaku sebagai nabi.
  • Hilangnya amanah.
  • Diangkatnya ilmu dan merajalelanya kebodohan..
  • Banyaknya perzinaan.
  • Banyaknya orang yang bermain musik.
  • Banyaknya orang yang minum khamr (minuman keras) dan merebaknya perjudian.
  • Masjid-masjid dihias.
  • Banyak bangunan yang tinggi.
  • Budak melahirkan tuannya.
  • Banyaknya pembunuhan.
  • Banyaknya kesyirikan.
  • Banyaknya orang yang memutuskan sialturahim.
  • Banyaknya orang yang bathil.
  • Wafatnya para ulama dan orang-orang shalih.
  • Banyaknya orang yang belajar kepada Ahlul Bid'ah.
  • Banyaknya wanita yang berpakaian tapi telanjang.
  • dll.
Beberapa dalil yang meguatkan tanda-tanda tersebut diantaranya adalah sabda Rasulullah saw.:
Dari 'Auf bin Malik dari Rasulullah saw.: "Perhatikanlah enam tanda-tanda hari kiamat: (1) wafatku, (2) Penaklukan Baitul Maqdis, (3) wabah kematian (penyakit yang menyerang hewan sehingga mati mendadak) yang menyerang kalian bagaikan wabah penyakit qu'ash yang menyerang kambing, (4) melimpahnya harta hingga seseorang yang diberikan kepadnya 100 dinar,  ia tidak rela menerimanya, (5) timbulnya fitnah yang tidak meninggalkan saru rumah orang Arabpun melainkan pasti memasukinya dan (6) terjadinya perdamaian antara kalian dengan Bani Asfar (bangsa Romawi), namun mereka melanggarnya dan mendatani kalian dengan 80 (bendera) kelompok pasukan , setiap (bendera) kelompok itu terdiri dari 12 ribu orang.[1].
Juga sabda Rasulullah saw:
"Sesungguhnya dia antara tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, tersebarnya kebodohan, diminumnya khamr, dan merajalelanya perzinaan."[2],


2. Tanda Penghubung Antara Kiamat Sughra dan Kubra

Ada 3 tanda fenomenal dari tanda-tanda Kiamat yang perlu diantisipasi dewasa ini oleh umat manusia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. Dua di antara ketiga tanda itu masuk dalam kategori tanda-tanda besar Kiamat. Satu lagi kadang dimasukkan ke dalam tanda besar, namun ada pula yang menyebutnya sebagai tanda penghubung antara tanda- tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat.
  1. Diutusnya Imam Mahdi. Tanda penghubung antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat ialah diutusnya Imam Mahdi. Imam Mahdi merupakan tanda Kiamat yang menghubungkan antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat karena datang pada saat dunia sudah menyaksikan munculnya seluruh tanda-tanda kecil Kiamat yang mendahului tanda-tanda besar Kiamat. Allah tidak akan mengizinkan tanda-tanda besar Kiamat datng sebelum berbagai tanda kecil Kiamat telah tuntas kemunculannya. Banyak orang barangkali belum menyadari bahwa kondisi dunia dewasa ini ialah dalam kondisi dimana hampir segenap tanda-tanda kecil Kiamat yang diprediksikan oleh Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam telah bermunculan semua. Jika tanda-tanda kecil Kiamat sudah hampir muncul seluruhnya berarti kondisi dunia dewasa ini berada di ambang menyambut kedatangan tanda-tanda besar Kiamat. Dan bila asumsi ini benar, berarti dalam waktu dekat kita semua sudah harus bersiap-siap untuk menyambut datangnya tanda penghubung antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat, yaitu diutusnya Imam Mahdi ke tengah ummat Islam. Hal ini menjadi selaras dengan isyarat yang diungkapakan Rasulullah saw. mengenai dua pra-kondisi menjelang diutusnya Imam Mahdi. أُبَشِّرُكُمْ بِالْمَهْدِيِّ يُبْعَثُ فِي أُمَّتِي عَلَى اخْتِلَافٍ مِنْ النَّاسِوَزَلَازِلَ فَيَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kese-wenang-wenangan dan kezaliman.” (HR Ahmad).
  2. Didahului Banyaknya perselisihan antar manusiaNabi shollallahu ’alaih wa sallam mengisyaratkan adanya dua pra-kondisi menjelang diutusnya Imam Mahdi ke tengah ummat Islam. Kedua prakondisi tersebut ialah pertama, banyak terjadi perselisihan antar-manusia.
  3. Terjadinya banyak gempa. Subhaanallah. Jika kita amati kondisi dunia saat ini sudah sangat sarat dengan perselisihan antar-manusia, baik yang bersifat antar-pribadi maupun antar-kelompok. Demikian pula dengan fenomena gempa sudah sangat tinggi frekuensi berlangsungnya belakangan ini.
Berarti kedatangan Imam Mahdi merupakan tanda Akhir Zaman yang jelas-jelas harus kita antisipasi dalam waktu dekat ini. Dan jika sudah terjadi berarti kita pun harus segera mempersiapkan diri untuk mematuhi perintah Rasulullah saw. yang berkaitan dengan kemunculan Imam Mahdi. Kita diperintahkan untuk segera berbai’at dan bergabung ke dalam barisannya sebab episode-episode berikutnya merupakan rangkaian perang yang dipimpin Imam Mahdi untuk menaklukkan negeri-negeri yang dipimpin oleh para Mulkan Jabriyyan (Para penguasa yang memaksakan kehendak dan mengabaikan kehendak Allah dan Rasul-Nya).
فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَبَايِعُوهُ وَلَوْ حَبْوًا عَلَى الثَّلْجِ فَإِنَّهُ خَلِيفَةُ اللَّهِ الْمَهْدِيُّ
“Ketika kalian melihatnya (Imam Mahdi) maka ber-bai’at-lah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salju karena sesungguhnya dia adalah Khalifatullah Al-Mahdi.” (HR Ibnu Majah).

3. Tanda-Tanda Besar Akan Datangnya Kiamat

Kiamat kubra ialah kiamat besar .Artinya terjadinya kehancuran seluruh alam serta kehidupan .Pada kiamat kubra tidak ada satu makhluk pun yang mampu bertahan hidup.
Hari kiamat di mulai dengan ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah Allah.Pada hari kiamat bumi bergoncang dengan sangat hebat,gunung-gunung berterbangan seperti kapas, tertiup angin. Semua yang ada di bumi dan langit menjadi rusak binasa. Planet-planet di angkasa bertabrakan dan menimbulkan suara dahsyat. Manusia, hewan dan semua makhluk akan mati sebagai petunjuk makin dekatnya hari kiamat:
Allah swt. berfirman:
 هَلۡ يَنظُرُونَ إِلَّآ أَن تَأۡتِيَهُمُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةُ أَوۡ يَأۡتِىَ رَبُّكَ أَوۡ يَأۡتِىَ بَعۡضُ ءَايَـٰتِ رَبِّكَ‌ۗ يَوۡمَ يَأۡتِى بَعۡضُ ءَايَـٰتِ رَبِّكَ لَا يَنفَعُ نَفۡسًا إِيمَـٰنُہَا لَمۡ تَكُنۡ ءَامَنَتۡ مِن قَبۡلُ أَوۡ كَسَبَتۡ فِىٓ إِيمَـٰنِہَا خَيۡرً۬ا‌ۗ قُلِ ٱنتَظِرُوٓاْ إِنَّا مُنتَظِرُونَ
Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka [untuk mencabut nyawa mereka], atau kedatangan Tuhanmu atau kedatangan sebagian tanda-tanda Tuhanmu . Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfa’at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia [belum] mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya kamipun menunggu [pula]." (QS.Al-An’am: 158).
Dari Hudzaifah bin Asiid bahwa Rasulullah saw bersabda: "Hari kiamat tidak akan terjadi hingga terjadi sepuluh tanda: (1) penenggelaman permukaan bumi di timur, (2) Penenggelaman permukaan bumi di barat, (3)Pembenaman prmukaan bumi di Jazirah Arab (4) keluarnya asap (5) keluarnya Dajjal (6) keluarnya binatang besar (7) keluarnya Ya'juj dan Ma'juj (8) terbitnya matahari dari barat, (9) api yang keluar dari dasar bumi 'Adn yang menggiring manusia serta (10) turunnya 'Isabin Maryam."[3]
Hanya kepada Allah kita berlindung dan berserah diri.
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
              ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ  
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Sumber: 
Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah hal.277-285, Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Pustaka Imam Syafi'i.
Tafsir Ibnu Katsir (III/491-492) cet. Pustakan Ibnu Katsir.
http://www.eramuslim.com/suara-langit/kehidupan-sejati/tiga-tanda-tanda-kiamat-yang-harus-diantisipasi-saat-ini.htm#.VS4CCNKUfWg
***
[1].(HR.Bulhari) no.3176.
[2],(HR.Bukhari) nmr 80.
[3].HR. Muslim (no.2901), Abu Daud (no.4311) At-Tirmidzi (no.2183) Ibnu Majah (no.4055) dan Ahmad (IV/6).

2 komentar:

  1. Subhanallah,,,sungguh bermanfaat,,dan mendetail,,penjelasannya...jazakallahu khaer,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa iyyaakum, terima kasih atas kunjungan dan atensinya, semoga bermanfaat.

      Hapus