Jumat, 31 Mei 2013

Cara Membuat Kotak Suka Atau like box Di blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Memasang like box atau Kotak "Suka" di blog adalah suatu keharusan untuk mengetahui sejauh mana pengunjung menyukai blog kita. Apa jadinya jika kita sudah capek-capek berkorban waktu, pikiran, biaya dan tenaga membuat dan mengelola blog tapi kita tidak tahu bagaimana respon pembaca terhadap blog kita ? Kotak like Disamping sebagai penambah semangat menulis juga bisa untuk bahan koreksi mengadakan aneka perbaikan sehingga blog kita di”like” banyak pengunjung. like box atau kotak suka terintegrasi dengan halaman penggemar (fanpage) di jejaring sosial facebook, maka konsekuensinya ada persyaratan sbb:
  • Dari sisi blogger, harus membuat fanpage facebook terlebih dulu
  • Dari sisi pembaca harus mempunyai akun facebook jika hendak memberi tanda like di blog kita.
maka proses pembuatannya melalui 2 tahapan, yakni :
1. Membuat halaman penggemar (fanpage) facebook, terlebih dulu,


2. Memasang gadget like boks ke blog anda.

Cara Membuat Fans Page Facebook di Blog :
1. Login ke akun Facebook anda.
2. Pilih buat halaman (klik)
3. Pilih/klik opsi Merek atau Produk
4. Pilih "website / situs web"
- isi kotak "nama Page" sesuai dengan yang diinginkan (nama ini akan menjadi nama like boks anda nanti di blog, jadi ushakan namanya berhubungan dengan tema blog anda).

centang "Persetujuan" dan klik "Mulai", seperti contoh gambar 2.

nama fanpage
Gambar 2, Nama Fanpage
5. Maka akan tampak di layar, halaman page yang anda buat. Lakukan kostumisasi terlebih dahulu sesuai petunjuk, misalnya mengupload foto/gambar untuk Facebook Page, mengedit informasi, dan lain sebagainya atau copy paste saja beberapa gambar untuk sementara waktu. 


Tips: Sebelum menuju langkah berikutnya copy terlebih dahulu url Facebook Fan Page yang ada di kotak alamat bagian atas. Fungsinya sebagai spesifikasi url untuk like box yang nantinya hendak dibuat (gambar 3).


alamat URL
Kotak 3. Alamat URL fanpage 
6. Kemudian klik situs berikut:
https://developers.facebook.com/docs/plugins/like-box-for-pages?locale=id_ID (layar akan menampilkan kotak untuk di isi).

7. Isilah kotak berikut sesuai kebutuhan:
1. Facebook Page URL: paste-kan fanpage URL yang di copy tadi (gambar 3), maka kotak
proses pembuatan
Gambar 4. Like Box
like boks anda sudah mulai ditampilkan.

2. Width : Lebar tampilan facebook like,  sesuaikan dengan lebar sidebar widget pada blog anda (normalnya 292 ).
3. Height : tinggi like box, sesuaikan juga dengan widget pada blog anda. (Misalnya jika hendak menampilkan 10 foto liker, standarnya : 556 px; jika tidak pakai muka (faces) dan stream: 63 px.
4. Color Scheme : Pilih "light" jika ingin tampilan terang, dan "dark" untuk tampilan gelap.
5. Show Faces : centang untuk menampilkan foto likers (penggemar).
6. Border Color : isikan dengan kode warna jika ingin memberi border, atau kosonngkan jika ingin transparan.
7. Show Stream : Centang, jika ingin menampilkan informasi/posting terakhir di like box.
8. Show Header : Centang, jika ingin menampilkan tulisan header "Temukan kami di sini."
Tips : Jika anda ingin membuat judul like box sesuai selera, anda dapat membuatnya nanti di bagian kepala kotak HTML. Seperti blog E TA'LIM ini, memberi judul " Daftar Ahli Silaturahim", andapun dapat memberi judul yang menarik, misalnya :"Yang Tidak Klik "suka" ayamnya mati, dll.

8. Klik Get Code. Kemudian akan muncul pop-up window yang menampilkan 3 jenis kode, HTML5, XFBML dan IFRAME pilih salah satu dan copy kodenya. (Untuk Blogger, disarankan pilih HTML 5).


kode script like box
Copy kedua kode tersebut satu persatu untuk dimasukkan ke kotak HTML/JavaScript.
Cara copy-pastenya:
1. Buka Dashboar > Tata letak/Design, lalu klik add a gadget.
2. Pilih HTML/JavaScript.
3, Paste-kan kode pertama ke kotak HTML/JavaScript.
4. Kembali ke halaman gambar 5, lalu copy kode skrip pada kotak kedua.
5. Paste-kan kode kedua ke kotak HTML/JavaScript (tepat di bawah kode pertama),
6, Save / Simpan.
Like box telah terpasang di blog anda, silakan anda menjadi orang  pertama yang mengklik "suka" di blog sendiri, sekalian untuk uji coba.
Selamat Mempraktekkan, semoga bermanfaat.


Pengertian Facebook dan Fungsinya

Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya, Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook 
Manfaat Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini  :
  • Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
  • Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman Indovisual Presentatama sebagai tempat promosi situs saya.
  • Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
  • Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita mendapatkan seorang pacar.
  • Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
Semoga bermanfaat.Sumber:
Tutorial Blog, dengan editing dibeberapa tempat untuk keselarasan.
https://indovisualprojector.wordpress.com/2013/11/18/pengertian-fungsi-keuntungan-dan-kerugian-facebook/

4 komentar:

  1. syukran ya akhi atas blognya yang mencerdaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'Afwan, terima kasih juga berkenan mampir ke blog ini, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. tdk ada muncul seperti like box ... bingung nih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya dari pihak likebox sudah merubah tampilannya, tapi anda masih bisa menuju ke sana, persisnya klik: https://developers.facebook.com/docs/plugins/like-box-for-pages?locale=id_ID

      Hapus