Senin, 08 April 2013

Cara Mudah Membasmi Alang-Alang

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Alang-alang atau ilalang dan rumput liar terkadang membuat pemandangan yang tidak sedap di halaman rumah tinggal, atau juga bisa menjadi benalu kesuburan tanaman di kebun. Pertumbuhannya yang cepat kadang membuat kita jengkel, belum lama dipangkas  sudah tumbuh tinggi kembali. Beberapa orang kadang menggunakan trik instan menyirami tanah dengan oli bekas dll, tapi itu tidak efektif dan punya dampak polusi; ada cara yang alamiah yang akan saya bagikan sebagai tips untuk anda.
Kerugian yang diakibatkan oleh alang-alang bagi pertanian adalah terganggunya pertumbuhan tanaman pokok dan mahalnya biaya pengolahan . Disamping itu alang-alang juga berpotensi yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran terutama pada musim kering karena alang-alang mengandung bahan kering yang cukup tinggi yang sangat mudah dibakar.
Percobaan pemberantasan alang-alang yang telah banyak dilakukan, antara lain yaitu dengan pembakaran, pengolahan tanah yang disertai dengan penanaman rumput atau leguminosa (makanan ternak) yang diikuti dengan pemupukan, aplikasi dengan herbisida, tetapi hasilnya tidak optimal.
Berikut beberapa tehnik pemusnahan alang-alang atau rumput liar dengan metode alamiah dan kimiawi


1. Metode Mulsa (Blokir Matahari dan Air).

Dengan dilakukan percobaan metode mulsa sebagai penutup tanah yang dapat menghalangi tanah dari sinar matahari langsung, tetesan langsung air hujan atau penguapan . Metode mulsa merupakan metode yang dianggap paling murah, dan mudah . Pada areal tanaman alang-alang yang telah dibabat dengan penutupan mulsa selama 3 bulan dan 4 bulan, menunjukkan hasil yang optimal . Penutupan selama periode 3 atau 4 bulan rhizoma dan gulma lainnya sudah mati hingga ke dalam tanah . Keuntungan lain dari metode mulsa adalah tanah menjadi gembur, mudah diolah dan subur .
Inilah caranya :
  1. Membuat lubang tanah di daerah yang ditumbuhi alang-alang , dengan ukuran 1 x 1 x 1 meter, Lubang yang satu dengan yang lain berjarak 8 - 10 meter.
  2. Pada setiap lubang yang kita gali, ditanami dengan pohon peneduh yang rindang dan cepat besar; ini dimaksudkan agar jika pohon peneduh sudah besar bisa meneduhi alang-alang. ((Tanpa sinar matahari secara langsung alang-alang akan kurus, kering dan mati.) Daun-daun pohon peneduh yang jatuh berguguran memenuhi alang-alang yang mengering, bisa dimanfaatkan sebagai pupuk.
  3. Akar alang-alang yang batangnya sudah mengering (mati) digali/dicabuti, kemudian dikumpulkan, dijemur dan dibakar.
  4. Setelah alang-alang mati, dahan/ranting pohon peneduh dipotong agar tanah mendapat sinar matahari yang cukup.
  5. Kalau tanah sudah dapat cukup matahari, maka bisa diolah dan ditanami dengan jenis tanaman yang menghasilkan.


    2. Metode Kimiawi

    • Langkah pertama, anda harus membeli herbisida (bahan kimia pembunuh rumput) yang memiliki bahan aktif glyphosate atau isopropyl amina glyphosat (tertera di kemasan) di toko pertanian terdekat. Merk dagang yang memiliki bahan aktif seperti diatas banyak sekali beredar dipasaran, ada puluhan. Misalkan Round-Up, Basmilang, Roll-Up, Crash, Rambo, Breeze-Up, Prima-Up dll. Paling penting merk apapun itu, dikemasannya harus tertera bahan aktif isopropylamina glyphosate atau glyphosat. Saya sarankan anda membeli herbisida yang di belakang merk dagangnya tertera 480 AS/480 SL. Jika areal yang ditumbuhi alang-alang kurang dari 2500 m2 anda cukup membelinya sebanyak 1 liter saja.
    • Langkah kedua, anda harus menyiapkan kaos tangan dari plastik, kain bekas, dan air bersih sebanyak kira-kira 2 liter dalam ember plastik. Kemudian campurkan sebanyak sekitar 30 ml herbisida yang anda beli kedalam 2 liter air bersih, patokannya 15 ml herbisida bisa anda campur dengan 1 liter air bersih, karena anda akan menggunakan teknik wiping.
    • Langkah ketiga, gunakan sarung tangan plastik, kemudian celupkan kain bekas kedalam larutan herbisida + air, peras supaya herbisida tidak menetes. Selanjutnya anda tinggal menuju lokasi dimana Alang-alang berada, usapkan kain yang telah dicelup dari mulai pangkal Alang-alang sampai ujung, dengan cara menggenggam rumpun Alang-alang. Lihat hasilnya dalam 1-2 minggu setelah aplikasi. Maka Alang-alang akan mati sampi ke akar-akarnya. O..iya aplikasinya jangan ketika hujan ya...
    Semoga bermanfaat.
    Sumber:
    http://toniismanto.blogspot.com/2009/01/membasmi-alang-alang-di-halaman-rumah.html.
    Dan sumber-sumber lain.

    2 komentar:

    1. Assalamu'alaikum, sangat bermanfaat, trims.

      BalasHapus
    2. 'Alaikum salam wr.wb. syukurlah jika membawa manfaat, Terima kasih telah berkunjung ke blog E TA"LIM.

      BalasHapus